Begini Cara Meminjamkan Mobil Canggih ke Teman

Wuling Almaz RS
Sumber :
  • Wuling

VIVA – Sebagian mobil yang hadir di Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021, dibekali dengan peranti canggih yang mampu memanjakan pengemudi dan penumpang.

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Salah satu contohnya, seperti yang dipajang di booth Wuling di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Kendaraan jenis sport utility vehicle andalan mereka, yakni Almaz RS mengusung teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Sistem ini  terdiri dari Internet of Vehicle dan Advanced Driver Assistance System. IoV memungkinkan peranti yang ada di dalam mobil terhubung ke ponsel pemilik kendaraan melalui dunia maya, yang salah satu fungsinya yakni sebagai pengaman.

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

Sebagai contoh, pengguna diharuskan melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+ untuk bisa meminjamkan mobil ke sahabat atau anggota keluarga.

Pengguna juga bisa mengatur rute perjalanan, bahkan sebelum memasuki kendaraan. Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

Photo :

Fitur menarik lainnya ialah interkoneksi ponsel, yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar head unit yang dapat dilakukan secara nirkabel dan kabel.

“Mengenai fitur-fitur yang tergabung dalam IoV, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan beragam fitur yang dimiliki secara optimal,” ujar App Operation Wuling Motors, Dimas Agus saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 21 April 2021.

Sementara itu, ADAS bekerja dengan memanfaatkan sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar.

Photo :
  • Dok: Wuling

Fitur ini memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif, seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

“ADAS bersifat sebagai bantuan, pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespons keadaan sekitar,” tutur Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya