Ini Deretan Fitur Canggih di Toyota Raize

Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA – Toyota Raize telah resmi diluncurkan di Indonesia, pada Rabu kemarin secara virtual. Unit akan mulai tersedia di diler pada Jumat esok hari.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Belum diketahui berapa harga dari mobil yang masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV tersebut. Namun, Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk tipe terendahnya diketahui sebesar Rp153,3 juta. Sedangkan, tipe tertinggi dipatok Rp191,1 juta.

Pemerintah beberapa waktu lalu memberi informasi, bahwa kendaraan ini masuk dalam daftar yang mendapatkan relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Saat peluncuran, Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki mengatakan bahwa model baru tersebut tidak hanya untuk pasar lokal saja.

“Toyota Raize akan diekspor hampir ke 50 negara di seluruh dunia,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Kamis 29 April 2021.

Mobil Paling Murah Toyota dan Daihatsu Bakal Pakai Mesin Turbo?

Karena bakal menjadi produk global, tidak heran apabila spesifikasi dan fitur yang disematkan pada Raize terbilang mumpuni di kelasnya.

Dari bocoran brosur yang beredar di dunia maya, diketahui mobil ini memiliki dimensi panjang 4 meter, pilihan mesin 1.000cc turbocharger dan 1.200cc, serta transmisi manual maupun CVT.

Photo :
  • Dok: Toyota

Jika dilihat dari tipe, PT Toyota Astra Motor menyediakan tiga pilihan, yakni 1.2G, 1.0T dan 1.0T GR Sport. Khusus untuk yang disebutkan terakhir, hanya tersedia dalam transmisi otomatis.

Teknologi canggih disematkan pada bagian panel instrumen, yang sudah memakai layar LCD berukuran 7 inci. Sistem hiburannya ada dua ukuran, 8 inci untuk tipe 1.2G serta 9 inci untuk semua varian 1.0T.

Tidak perlu khawatir mendapatkan starter dengan anak kunci, karena semua tipe Raize sudah dilengkapi dengan fitur keyless. Penyejuk kabinnya juga memanfaatkan teknologi digital.

Khusus untuk yang menggunakan transmisi CVT, pada setir terdapat tombol khusus untuk mengatur mode berkendara. Sementara pada tipe tertinggi, tersedia paddle shift untuk memindah posisi gigi transmisi.

Selain itu, tipe 1.0T GR Sport juga tersedia dalam varian Toyota Safety Sense atau TTS, yakni kumpulan teknologi terbaru yang dirancang khusus untuk keselamatan berkendara.

Dengan fitur tersebut, mobil bisa menjaga jarak secara otomatis dengan kendaraan di depan, mencegah pengemudi salah menginjak pedal, hingga memberi peringatan apabila berpindah lajur tanpa disadari oleh pengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya