Enggak Nyangka Lihat Penjualan Toyota Raize

Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA –  Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi meluncurkan mobil baru untuk pasar Indonesia. Kendaraan tersebut masuk dalam segmen sport utility vehicle atau SUV, dan berkapasitas lima penumpang.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Isu kehadiran dua model tersebut sudah muncul sejak tahun lalu, namun baru saat ini unitnya diperkenalkan. Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Proses produksi dilakukan di pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat. Nantinya, unit yang dibuat tidak hanya untuk kebutuhan pasar dalam negeri saja, namun juga ekspor ke puluhan negara.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Salah satu keunikan dari model baru tersebut, yakni mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc. Agar tenaga yang dihasilkan mumpuni, ditambahkan perangkat turbocharger.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa turbocharger sudah bukan benda asing di produk otomotif yang dijual di Indonesia.

Mobil Paling Murah Toyota dan Daihatsu Bakal Pakai Mesin Turbo?

Photo :
  • Dok: TAM

“Sudah cukup banyak produk Toyota yang pakai turbo. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain penggunaan turbo cukup banyak. Tidak perlu khawatir, sebelum diluncurkan sudah dipelajari dengan baik,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 3 Mei 2021.

Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang, yang jadi lokasi peluncuran Raize. Di negara asalnya, mobil ini menjadi pusat perhatian dan sukses mencetak angka penjualan yang tinggi.

Menurut data dari TAM, hanya dalam enam bulan pertama 2020, Raize memperoleh penghargaan sebagai mobil paling laris di pasar otomotif Jepang.

Uniknya lagi, sepanjang tahun itu model tersebut mencatat penjualan lebih dari 120 ribu unit. Jumlah itu di bawah Toyota Yaris, yang menjadi mobil paling laris karena laku sebanyak 150 ribu unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya