Toyota Raize Tipe Ini Diprediksi Bakal Laku Keras

Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota sudah 50 tahun ada di Indonesia, membuat serta memasarkan berbagai macam kendaraan mulai dari sedan hingga multi purpose vehicle atau MPV.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Dengan pengalaman selama itu, mereka bisa dengan mudah merancang mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti yang dilakukan baru-baru ini, dengan meluncurkan Toyota Raize.

Masuk ke dalam segmen sport utility vehicle atau SUV, kendaraan ini hanya mampu menampung lima orang namun diklaim memiliki kabin yang lapang.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Raize merupakan produk global, artinya model ini akan diekspor ke puluhan negara. Proses perakitannya dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, karena merupakan proyek kolaborasi.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa Raize hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.000cc Turbo dan 1.200cc.

Mobil Paling Murah Toyota dan Daihatsu Bakal Pakai Mesin Turbo?

Namun, yang pertama kali ditawarkan ke masyarakat di Tanah Air adalah 1.000cc. Menurutnya, hal itu dilakukan karena ada alasan khusus.

Photo :
  • Dok: TAM

“Memang dari awal sudah merencanakan untuk fokus di 1.0 dulu, 1.2 setelahnya. Dulu pun kami pernah meluncurkan varian secara terpisah. Ini bagian dari strategi Toyota,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Selasa 4 Mei 2021.

Terkait spesifikasi mesin yang hanya memakai tiga silinder, Anton menjelaskan bahwa hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, Raize dirancang dari nol dengan konsep yang benar-benar baru.

“Ini kan produk baru, kemudian platform juga baru. Kesempatan yang baik untuk luncurkan mesin baru, waktunya tepat. Produk ini sudah diluncurkan di Jepang yang konsumennya kritis, dan Raize sangat diterima dengan baik,” tuturnya.

Saat ditanya soal pilihan mesin mana yang bakal laku di Indonesia, Anton mengaku bahwa varian 1.0 yang akan menjadi tulang punggung penjualan.

“Konsumen kami milenial, saya rasa milenial banyak di 1.0 Turbo. Perkiraan kami, mayoritas konsumen mengarah ke 1.0 Turbo,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya