Mau Jual Mobil, Ketahui Satu Hal Ini

Mobil bekas Volvo 960 dan Honda Accord Maestro
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Banyak alasan mengapa seseorang menjual mobil yang mereka miliki, mulai dari butuh dana darurat hingga ingin menggantinya dengan model terbaru.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Berbeda dengan zaman dahulu, proses penjualan saat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Dengan begitu, jumlah orang yang melihat iklan tersebut jadi lebih banyak ketimbang iklan baris biasa di surat kabar lokal.

Adanya teknologi juga memungkinkan penjual untuk memajang banyak foto, sehingga calon pembeli bisa melihat kondisinya dengan lebih jelas.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Apabila tertarik, maka keduanya sepakat untuk bertemu supaya bisa bernegosiasi lebih jauh. Momen ini juga dimanfaatkan calon pembeli untuk melihat kondisi fisik secara langsung, serta melakukan uji berkendara.

Proses test drive menjadi hal yang umum dilakukan, untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Sayangnya, ada beberapa kasus di mana pembeli membawa kabur kendaraan yang sedang diuji jalan. Nah, Chief Executive Officer OLX Group, Johny Widodo memiliki satu trik supaya penjual tidak mengalami kejadian seperti itu.

“Paling gampang ya duduk bareng di mobil atau motor itu, jadi test drive bersama,” ujarnya saat hadir di acara Ngobrol Virtual Santai yang diadakan Forwot, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 29 Mei 2021.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurut Johnny, hanya cara itu yang ampuh untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Sebab, meninggalkan kartu identitas bukan jadi jaminan pelaku tidak berani melakukannya.

“Kalau si pemilik ada di kendaraan itu, pelaku bakal mengurungkan niatnya,” tuturnya.

Apabila penjual tidak mau direpotkan dengan proses tersebut, maka bisa menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh OLX Autos.

Perusahaan yang resmi berdiri pada tahun lalu tersebut sedang menggelar kampanye #GampangnyaPasti, di mana mereka memberi kemudahan pada mereka yang hendak menjual mobilnya.

Penjual bisa mendapat estimasi harga secara online, lalu menjadwalkan waktu pemeriksaan kondisi unit. Jika sudah sepakat soal harga, maka pembayaran akan langsung dilakukan.

“Tidak ada batasan soal merek dan usia mobil yang kami tampung,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya