Tips Cara Mudah Jual Beli Mobil Bekas

Ilustrasi mobil bekas online.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Terkadang seseorang harus menjual mobil miliknya, yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Alasannya mulai dari butuh dana darurat, hingga ingin mengganti dengan model terbaru.

Jangan Asal Modif, Ini 5 Tips Aman Modifikasi Mobil Honda Civic

Cara yang umum dilakukan supaya mobilnya dilirik oleh calon pembeli, yakni dengan memajangnya di car listing seperti OLX.

Meski demikian, penjual masih harus menunggu calon pembeli menghubungi dan membuat janji untuk melihat langsung unit yang ditawarkan.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Setelah itu, belum tentu juga terjadi transaksi karena unit tidak sesuai prediksi konsumen atau harganya tidak cocok. Beberapa yang datang bisa juga pedagang mobil bekas, yang tidak sungkan menawar dengan harga rendah supaya bisa mendapatkan untung besar.

Chief Executive Officer OLX Group, Johny Widodo mengatakan bahwa ada saat ini ada beberapa permasalahan yang dihadapi penjual maupun pembeli mobil bekas.

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

“Pembeli khawatir mobilnya rusak, ada kenapa-kenapa di jalan dan lain sebagainya. Ada juga yang maunya jual beli tanpa harus bertemu karena saat ini kan masih masa pandemi,” ujarnya saat hadir di acara Ngobrol Virtual Santai yang diadakan Forwot, dikutip VIVA Otomotif Rabu 2 Juni 2021.

Di sisi lain, kata Johnny, ada pandangan bahwa menjual mobil bekas itu tidak bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini yang kemudian coba dihapus, dengan menghadirkan OLX Autos.

Johnny menjelaskan, platform baru tersebut memiliki tiga solusi untuk memudahkan penjual maupun pembeli kendaraan bekas, yakni Jual Mobil Instan, Jual Beli Tukar Tambah, serta Authorized Dealer. Mereka juga sedang menggelar kampanye #GampangnyaPasti, untuk menjelaskan bahwa menjual kendaraan itu tidak sulit.

“Kami bekerja sama dengan beberapa diler rekanan, jadi orang yang mau beli di sana bisa tenang karena mobil sudah diinspeksi. Kami juga punya retail center di Meruya, Cempaka Putih dan Pejaten Village, yang jual langsung ke konsumen,” tuturnya.

Untuk memberi rasa tenang pada konsumen, Johnny mengatakan bahwa setiap mobil yang mereka jual dilengkapi dengan jaminan.

“Pertama, enggak pernah kena banjir atau tabrak. Kedua, jika ada masalah pada unit maka bisa dikembalikan dan ditukar dengan yang lain dalam waktu tujuh hari. Terakhir, ada garansi mesin selama 30 hari,” jelasnya.

Terkait pembelian mobil, Johnny mengaku bahwa solusi Jual Mobil Instan yang ditawarkan tidak membatasi merek maupun tahun pembuatan. Sama seperti unit yang dijual, mobil yang mereka beli akan melewati proses inspeksi terlebih dahulu.

“Kami sebisa mungkin menjual mobil di bawah 10 tahun, tapi kami terima merek apa pun dan tidak ada batasan tahun,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya