Usai Gubernur, Giliran Bupati Pakai Mobil Canggih

Hyundai Ioniq jadi mobil operasional Bupati Konawe Utara.
Sumber :
  • Dok: HMI

VIVA – Kehadiran mobil canggih dengan sumber penggerak listrik, mulai menjamur di Indonesia. Tak hanya kalangan umum, kendaraan ini juga dipakai untuk operasional pemerintah daerah.

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Seperti yang diterapkan di Jawa Barat, di mana dua mobil listrik Hyundai Ioniq resmi jadi kendaraan untuk menunjang pekerjaan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, pihaknya siap menjadi contoh bagi warga untuk beralih dari yang memakai bahan bakar minyak ke jenis mobil listrik.

Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

"Ini adalah momen yang sangat bersejarah. Saya sangat mengapresiasi serta mendukung inovasi berbasis teknologi khususnya mobil listrik dari Hyundai," ujarnya beberapa waktu lalu.

Setelah dipakai oleh orang nomor satu di Jabar, kini giliran pemerintah kabupaten yang juga memakai mobil buatan Korea Selatan itu.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Hyundai, Selasa 8 Juni 2021, satu unit Hyundai Ioniq dari PT Hyundai Mobil Indonesia diserahkan kepada Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, H Ruksamin.

Ruksamin menuturkan, alasan ia memilih mobil listrik sebagai kendaraan operasional adalah karena hanya butuh seperlima dari biaya BBM, bisa mengurangi dampak polusi udara serta perawatannya lebih mudah.

“Konawe Utara adalah kabupaten pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik, dan ke-2 di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

Ruksamin menjelaskan, bahwa ada hubungan antara mobil listrik dengan wilayah Konawe Utara tempat ia menjabat sebagai bupati saat ini.

“Konawe Utara adalah pemasok terbesar nikel di Indonesia, Hyundai Ioniq Electric menggunakan baterai lithium yang berbahan dasar nikel,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya