Dimodifikasi 2 Tahun, BMW Ini Jadi Juara ETCC

Mobil BMW E36 dipakai untuk balap.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – BMW adalah merek mobil asal Jerman, yang dikenal dengan kualitas serta kemewahannya. Namun, kendaraan ini juga kerap jadi andalan untuk terjun di arena balap.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Hal itu disebabkan BMW memasang mesin dengan kemampuan yang tinggi, membuat pengemudi bisa menginjak pedal dalam-dalam supaya melaju kencang.

Tingginya kecepatan yang bisa diraih, juga diimbangi oleh rangka dan sistem suspensi yang bisa menjaga kestabilan setiap saat. Salah satu contohnya, seperti yang digunakan oleh Aldio Oekon.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Pembalap muda dari tim DMO Garage Banteng Racing Team supported by Pertamina tersebut, berhasil meraih prestasi dalam rangkaian balap Indonesia Sentul Series of Motorsport putaran kedua, yang berlangsung pada akhir pekan kemarin di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Mobil yang jadi andalan Dio, sapaan akrabnya, yakni BMW seri 3 dari generasi E36. Persiapan sudah dilakukan dua tahun sebelumnya, dan sukses menjadi juara di kelas European Touring Car Championship 2.000.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

“Ini mobil BMW E36 baru, bukan yang saya gunakan di balapan tahun lalu. Mesinnya juga baru, dan sudah dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Hasilnya, ya bisa dibilang baik karena bisa bersaing dengan mobil balap lainnya," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 16 Juni 2021.

Saat ditanya mengapa butuh waktu selama itu untuk persiapan, Dio mengaku bahwa mobil balap dengan nomor 142 dan berkelir merah tersebut sengaja dipersiapkan untuk menjadi andalan di balap touring.

Selain merajai kelas ETCC 2.000, mobil tersebut juga ia gunakan di ajang Super Touring Car Race kelas Free For All atau FFA. Hasilnya, Dio berhasil ada di podium dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya