Mitsubishi Xpander Punya Fitur Antitilang saat Melaju di Tol

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Berbagai upaya digelar pihak kepolisian, untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan raya. Salah satunya, dengan memantau berbagai jenis pelanggaran dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Sejak beberapa tahun lalu, di beberapa ruas jalan tol dipasangi kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Lawforce Enforcement. Benda ini bisa memantau setiap kendaraan yang lewat, dan akan secara otomatis menindak setiap pelanggaran.

Salah satu jenis pelanggaran yang dipantau, yakni melewati batas kecepatan yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, jalan bebas hambatan untuk tol dalam kota yakni 80 kilometer per jam.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Photo :
  • Dok: MMKSI

Sayangnya, tidak mudah untuk mengatur injakan pedal gas supaya mobil tetap melaju di kecepatan tersebut. Namun bagi para pemilik Mitsubishi Xpander Ultimate, hal itu bukan menjadi masalah.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Varian tertinggi dari keluarga Xpander tersebut dibekali dengan fitur canggih, yang diberi nama Cruise Control. Fungsinya adalah menahan bukaan pedal gas pada kecepatan tertentu, sesuai dengan masukan dari pengemudi.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Mitsubishi, Kamis 24 Juni 2021, cara mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol yang terletak di setir sebelah kanan.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka pengemudi bisa mengatur agar Xpander Ultimate melaju dengan kecepatan di bawah 70 km per jam tanpa perlu menginjak pedal gas. Hal ini juga membuat kaki kanan tidak mudah pegal saat melalui jalan tol yang sangat panjang.

Apabila tiba-tiba kendaraan di depan jaraknya terlalu dekat, maka cukup injak pedal rem dan fitur tersebut bakal mati secara otomatis. Tersedia tombol plus dan minus, untuk menaikkan atau menurunkan kecepatan sesuai kebutuhan.

Fakta lain yang tidak banyak diketahui orang mengenai cruise control, yakni dengan mengaktifkan fitur tersebut maka konsumsi bahan bakar bisa menjadi sedikit lebih irit. Hal ini disebabkan bukaan pedal gas berlangsung secara konstan.

Selain cruise control, Xpander Ultimate juga dibekali dengan beragam fitur canggih lain. Mulai dari hill start assist, active stability and traction control, parking sensor, hingga sistem hiburan yang bisa terhubung ke ponsel.

Dengan semua kelebihan itu, tak heran apabila model ini menjadi produk yang paling laris saat adanya program relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah, yang digelar mulai Maret lalu.

"Hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mengalami peningkatan permintaan, namun yang paling tinggi Xpander Ultimate dan Xpander Cross yang premium," ujar Group Head of Regional Sales, Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Budi Dermawan Daulay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya