Mercedes Hadirkan Truk Canggih Bebas Asap

Truk Mercedes-Benz eActros
Sumber :
  • Dok: Daimler

VIVA – Asap yang berasal dari pipa knalpot truk menjadi momok bagi para pengendara motor dan pejalan kaki. Hal ini biasa terjadi di negara berkembang, di mana kendaraan komersial yang digunakan masih memakai bahan bakar berstandar rendah.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Polusi udara sudah sejak lama menjadi isu di kalangan para produsen kendaraan. Berbagai cara dilakukan, untuk mereduksi asap beracun tersebut. Salah satunya, seperti yang dilakukan Mercedes-Benz dengan meluncurkan truk canggih.

Keunggulan dari produk baru ini, yakni kendaraan tersebut dibekali dengan mesin yang tidak membutuhkan bahan bakar. Sumber tenaganya berasal dari energi listrik, yang disimpan di dalam baterai.

Jabat KSAU, Marsekal Tonny Harjono Koleksi Mobil BMW dan Marcedes Benz

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Rabu 30 Juni 2021, truk baru yang diberi nama eActros itu menjadi produk pertama mereka yang diandalkan untuk mengubah dunia kendaraan komersial.

“Transportasi adalah bagian dari masalah dalam hal perubahan iklim. eActros dan layanan khususnya adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks, untuk menuju transportasi yang netral CO2,” ujar Member of the Board of Management di Daimler Truck AG, Karin Radstrom.

Bukan Gengsi, Ini Alasan Banyak Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Proses pengujian eActros sudah dilakukan sejak 2018, dengan melibatkan 10 unit truk dan digunakan di wilayah Eropa. Kini, versi produksinya sudah jauh lebih kuat dan siap dipakai sebagai armada untuk angkutan barang.

Truk ini dibekali dua motor listrik di roda belakang, yang mampu menghasilkan tenaga total 442 daya kuda dan terhubung ke transmisi dua percepatan.

Mengandalkan baterai berdaya 420 kilo Watt hours, eActros mampu melaju hingga jarak 400 kilometer sebelum harus diisi ulang. Proses pengecasan juga diklaim cepat, yakni dari 20 persen ke 80 persen hanya kurang lebih satu jam menggunakan arus 400 Ampere DC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya