Sejarah Nissan March yang Dijual Rp500 Juta oleh Arief Muhammad

Nissan March di IIMS 2013.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Youtuber Arief Muhammad beberapa waktu lalu membeli mobil Nissan March bekas dari salah satu follower-?nya. Kendaraan berwarna putih itu kondisinya cukup memprihatinkan, di mana bodi dalam keadaan rusak di beberapa bagian.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Dikutip VIVA Otomotif dari laman YouTube miliknya, Selasa 20 Juli 2021, oleh Arief mobil yang masuk dalam kategori city car itu kemudian diperbaiki dan dipoles kembali, supaya tampilannya seperti baru. Setelah itu, unitnya dijual dengan cara lelang dan berhasil laku Rp500 juta.

 Lantas, apakah ada yang spesial dari mobil Nissan March tersebut?

Pengakuan Eks Pegawai Kementan: Gelontorkan Rp 430 Juta Buat Bayar Alphard SYL

Nissan March sejatinya bukan model baru di pasar otomotif global. Kendaraan ini sudah dipasarkan di Jepang sejak era 1980-an, dan pernah hadir dengan nama Datsun Micra.

Model yang dibeli oleh Arief merupakan lansiran 2013, yang berarti mobil tersebut adalah Nissan March generasi ke-4 yang pertama kali diperkenalkan secara global pada 2010.

Mobil Menteri Pelat Nomor RI 41 Ini Berani Tampil Beda

Photo :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

PT Nissan Motor Indonesia melihat bahwa pasar otomotif nasional untuk kelas city car cukup menggiurkan, oleh sebab itu mereka menghadirkan Nissan March tersebut di tahun berikutnya. Mobil ini diproduksi secara lokal, dengan volume 10 ribu unit per tahun.

Awalnya kendaraan dengan dimensi panjang 3,8 meter, lebar 1,69 meter dan tinggi 1,5 meter ini hanya tersedia dalam mesin 1.200cc dan dua pilihan transmisi saja. Namun pada 2014, NMI menghadirkan tipe dengan mesin 1.500cc.

Jantung pacu empat silinder 1.500cc yang dipasang di Nissan March, sama persis dengan yang disematkan di Nissan Grand Livina, Nissan Juke dan beberapa model lainnya. Tenaga yang dihasilkan yakni 99 daya kuda serta torsi 134 Newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya