Indonesia Bakal Jadi Pemasok Komponen Penting Mobil Canggih

Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik.
Sumber :
  • Electrek

VIVA – Indonesia siap menjadi pemasok komponen untuk mobil canggih, dan hal itu bakal terwujud setelah proses pembangunan pabriknya selesai dalam waktu tiga tahun lagi.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Komponen yang dimaksud merupakan bagian penting dari kendaraan masa depan, yakni baterai. Ini merupakan proyek kolaborasi antara Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution.

Dikutip VIVA Otomtif dari keterangan resmi Hyundai Indonesia, kedua pihak sudah meneken nota kesepakatan dengan pemerintah RI untuk membentuk joint venture dalam memproduksi sel baterai dari mobil listrik bertenaga baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Investasi yang dikucurkan sangat besar, yakni US$1 miliar atau setara Rp14 triliun. Dana tersebut digunakan untuk membangun pabrik, yang lokasinya ada di Karawang, Jawa Barat.

Proses konstruksi pabrik bakal dimulai pada kuartal empat tahun ini, dan diprediksi selesai pada semester pertama 2023. Sementara itu, produksi massal sel baterai baru akan dimulai di semester pertama 2024.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Ada beberapa pertimbangan, yang membuat Karawang akhirnya dipilih sebagai lokasi pabrik sel baterai tersebut. Selain jaraknya tidak jauh dari Ibu Kota, jaringan transportasinya juga lengkap termasuk bandar udara, pelabuhan, dan jalan bebas hambatan.

Pabrik baru ini berada di atas lahan seluas 330 ribu meter persegi, dan saat nanti beroperasi penuh diharapkan bisa menghasilkan sel baterai lithium-ion dengan total 10 Giga Watt hours setiap tahunnya. Jumlah itu kurang lebih setara dengan kebutuhan 150 ribu unit mobil listrik.

Sel baterai yang diproduksi oleh pabrik di Karawang akan digunakan pada model EV dari Hyundai Motor dan Kia, yang dibangun menggunakan Electric-Global Modular Platform atau E-GMP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya