Hadir di Indonesia, Nissan Leaf Dibekali 6 Fitur Canggih

Nissan Leaf edisi 2021
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setelah 11 tahun mengaspal di dunia dan berganti generasi sebanyak satu kali, akhirnya Nissan Leaf akan resmi dipasarkan di Indonesia.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Kabar baik tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go. Ia mengatakan, bahwa kehadiran mobil tersebut menegaskan komitmen mereka untuk menghadirkan mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman.

“Dari studi yang dilakukan Nissan dan Frost and Sullivan di Asia Tenggara pada akhir 2020, 50 persen pemilik kendaraan di Indonesia mengatakan bahwa mereka pasti akan mempertimbangkan kendaraan listrik dalam kurun waktu tiga tahun ke depan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 3 Agustus 2021.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Para peminat sudah bisa melakukan pemesanan di diler resmi Nissan, hingga Selasa 17 Agustus mendatang. Harga yang ditawarkan yakni Rp649 juta untuk varian satu warna, dan Rp651 juta untuk dua warna. Fitur yang bakal didapatkan pembeli cukup banyak, yakni:

1. Tidak perlu isi bensin
Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang sama sekali tidak menghasilkan emisi. Model ini pernah jadi yang terlaris di dunia, dan versi barunya memiliki kemampuan jelajah hingga 311 kilometer dengan tenaga 150 daya kuda serta torsi 320 Newton meter.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

2. Sistem satu pedal
Sama seperti Nissan Kicks, model ini juga dibekali dengan teknologi e-pedal, di mana pengemudi cukup mengurangi pijakan pada pedal rem dan mobil akan melakukan pengereman. Saat pedal gas tidak diinjak sama sekali, makar em regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

3. Forward Collision Warning
Sistem ini akan memberi peringatan pada pengemudi, apabila jarak dengan obyek di depan terlalu dekat.

Interior Nissan Leaf.

Photo :
  • Dok: Nissan

4. Forward Emergency Braking
Saat FCW mendeteksi adanya bahaya, maka sistem FEB bakal memantau kondisi dengan aktif. Jika pengemudi tidak bereaksi, maka sistem akan mengambil alih kendali dengan melakukan pengereman otomatis.

5 Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection
Nissan menjadi salah satu pabrikan otomotif yang menawarkan kamera 360 derajat, dan model yang disematkan pada Nissan Leaf dibekali dengan pendeteksi gerakan sebagai upaya keamanan saat mobil sedang bergerak.

6. Driver Alert Assist
Nissan Leaf juga dibekali dengan beberapa teknologi canggih seperti Hill Start Assist dan Intelligence Trace Control.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya