Kerennya Spesifikasi Mobil Baru Pindad MV2

Mobil MV2 4x4 buatan Pindad.
Sumber :
  • Pindad

VIVA – Meski industri otomotif Indonesia didominasi oleh merek asing, namun kiprah perusahaan lokal tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu contohnya, seperti yang dilakukan oleh Pusat Industri Angkatan Darat atau Pindad.

Lelang Mobil untuk Donasi ke Palestina, Rizky Billar: Ini Harta Terakhir yang Dulunya Riba

Beberapa waktu lalu mereka membuat gebrakan, dengan menghadirkan kendaraan yang dirancang khusus untuk pertahanan negara. Mobil tersebut diberi nama Maung, yang dalam Bahasa Sunda berarti harimau atau macan.

Kini, perusahaan yang berbasis di Bandung, Jawa Barat itu kembali menghadirkan mobil baru yang diberi nama MV2 4x4. Peluncuran dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

“Di tengah pandemi, Pindad masih melakukan Inovasi yang merupakan ciri khas perusahaan, jiwa dan darah Pindad. Jangan tinggalkan inovasi, kita dapat menjadi besar, jaya dan hidup karena kita mampu menghasilkan produk kreatif dan inovatif,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 4 Agustus 2021.

Tampilan luar mobil baru Pindad MV2 terlihat memiliki beberapa kemiripan dengan Maung, seperti lampu depan dan bentuk bodi. Meski demikian, fitur dan kenyamanan yang ditawarkan berbeda.

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

Vice President Inovasi Pindad, Windu Paramartha mengatakan bahwa kendaraan ini memiliki desain dan interior yang modern, serta baris belakang lebih lega. Tak hanya itu, atapnya juga dibekali kanopi belakang yang dapat dibongkar pasang menjadi kendaraan kabin ganda, serta dilengkapi dengan pijakan kaki samping.

“MV2 didesain sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan operasi modern, dan juga dimungkinkan untuk memenuhi pasar lain selain militer. Kemampuan manuvernya gesit dan andal, dilengkapi suspensi yang nyaman digunakan baik di medan on road maupun off road,” tuturnya.

Pindad MV2 memiliki dimensi panjang 5.220 milimeter, lebar 2.010 mm dan tinggi 1.860 mm. Jarak sumbu rodanya 3.220 mm, sedangkan titik terendah mobil ke tanah adalah 260mm. Bobot kosongnya 2,63 ton, dan mampu menampung beban seberat 600 kilogram.

Jantung pacu mobil ini mengandalkan mesin diesel yang tidak disebutkan spesifikasinya, namun dapat menghasilkan 136 daya kuda serta torsi 385 Newton meter. Tenaga diasalurkan ke empat roda berukuran 17 inci, melalui transmisi manual enam percepatan.

Kendaraan ini bisa menempuh medan sulit dengan tetap terasa nyaman, karena suspensi depannya sudah memakai model seperti yang dipakai di mobil sport utility vehicle atau SUV. Kecepatan maksimumnya 120 kilometer per jam, dan bisa menempuh jarak 600 km dengan kondisi tangki terisi penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya