Mobil Legendaris Ini Kembali Hadir di Dunia

Lamborghini Countach LPI 800-4.
Sumber :
  • Dok: Lamborghini

VIVA – Selama puluhan tahun, dunia diramaikan dengan berbagai jenis mobil legendaris. Mulai dari yang desainnya unik, hingga model yang dibekali dengan mesin performa tinggi.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Salah satu yang masuk dalam daftar tersebut, yakni Lamborghini Countach. Kendaraan yang hanya bisa diisi dua orang ini masuk dalam kategori mobil sport, dan populer di era 1980-an.

Hadir sebagai penerus dari Lamborghini Miura yang dianggap sudah ketinggalan zaman, Countach dirancang khusus untuk bersaing dengan Ferrari Daytona. Model ini pertama kali dirancang pada 1971, dan hingga 1990 menjadi kontributor utama perusahaan asal Italia itu.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Satu hal yang unik dari mobil rancangan rumah desain Bertone ini, yakni penggunaan namanya. Lamborghini selalu memakai nama banteng sebagai model kendaraan yang mereka buat, namun Countach mendobrak tradisi tersebut.

Lamborghini Countach.

Photo :
  • Dok: Lamborghini
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Dalam bahasa warga Piedmont yang merupakan sebuah wilayah di Italia, Countach biasa digunakan sebagai istilah untuk menyatakan kekaguman mereka atas sebuah pencapaian yang luar biasa.

Selama belasan tahun, pabrikan mobil yang berbasis di Sant'Agata Bolognese itu telah berhasil menjual sekitar 1.900 unit Countach. Jumlah yang sangat banyak, mengingat harga per unitnya mencapai lebih dari US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar dengan nilai tukar saat ini.

Dari keterangan resmi Lamborghini yang diterima VIVA Otomotif hari ini, Minggu 15 Agustus 2021, diketahui bahwa Lamborghini Countach kembali diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, dalam rangka memperingati ulang tahun model tersebut yang ke-50.

Lamborghini Countach LPI 800-4.

Photo :
  • Dok: Lamborghini

Desainnya juga berbeda jauh dengan generasi lama, di mana yang dijual saat ini memiliki tampilan lebih modern dan elegan. Hanya ada 112 unit yang dibuat, sesuai dengan kode LP 112 yang merupakan nama model tersebut di catatan perusahaan.

Jantung pacunya berasal dari mesin yang sama seperti Lamborghini Sian, yakni kombinasi mesin bensin 12 silinder 6.500cc yang mampu mengeluarkan tenaga 770 daya kuda serta torsi 720 Newton meter, dengan motor listrik berdaya 33 dk dan torsi 35 Nm.

Tambahan dinamo pada mesin hybrid ini memang tidak besar kemampuannya, namun disokong arus listrik dari super kapasitor yang tiga kali lebih kuat ketimbang baterai mobil listrik biasa. Akselerasi dari nol ke 100 kilometer per jam yakni 2,8 detik, dan kecepatan puncaknya 355 km per jam.

Lamborghini Countach LPI 800-4.

Photo :
  • Dok: Lamborghini
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya