Para Pemilik Isuzu Panther Bisa Tidur Nyenyak

Isuzu Panther
Sumber :
  • Isuzu Astra

VIVA – Ada beberapa mobil keluarga legendaris yang hadir di Indonesia, salah satunya yakni Isuzu Panther. Berbeda dari kendaraan lain di segmen tersebut, model ini hanya tersedia dalam versi mesin diesel.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Isuzu Panther mulai diproduksi di Indonesia pada 1991, dan awalnya hadir dengan mesin berkapasitas 2.300cc. Seiring perkembangan zaman, perusahaan asal Jepang itu kemudian menggantinya dengan jantung pacu 2.500cc.

Setelah 29 tahun diproduksi massal dan dijual di Tanah Air, PT Isuzu Astra Motor Indonesia memutuskan untuk menyudahi model itu. Selain peminatnya semakin sedikit, mereka juga terkendala dengan rencana pemerintah untuk memberlakukan aturan emisi Euro 4.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Penghentian produksi dan pemasaran Panther tidak hanya dilakukan di Indonesia, sebelumnya hal yang sama juga terjadi di Filipina dan Thailand.

Sejak debut pertamannya hingga akhir, Isuzu Panther telah membukukan 433.117 unit penjualan, termasuk varian minibus dan pikap yang menjadi andalan di segmen kendaraan niaga ringan.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

IAMI mengaku, bahwa penghentian produksi serta pemasaran Panther tidak berdampak besar pada angka penjualan mereka.

“Setahun terakhir, volume Isuzu Panther memang sudah kecil sekali," ujar Marketing Division Head IAMI, Attias Asril saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Selasa 24 Agustus 2021.

Meski demikian, Attias mengaku bahwa para pemilik mobil yang disebut-sebut tangguh untuk melintasi banjir itu tidak perlu khawatir. Sebab, pihaknya masih akan menyediakan layanan purna jual untuk waktu yang cukup lama.

“Suku cadang masih kami sediakan 8 sampai 10 tahun ke depan. Selama populasi Panther masih ada, kami jamin ketersediaan onderdilnya,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya