Taksi Terbang Mendarat di Jakarta

Taksi terbang EHang 216 ada di Jakarta.
Sumber :
  • Instagram @bambang.soesatyo

VIVA – Sudah lama masyarakat dunia bermimpi akan kehadiran mobil terbang. Bayangan ini beberapa kali sempat dituangkan dalam bentuk film, dengan masa depan menjadi latar belakang ceritanya.

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Jika dulu hal itu hanya sebatas angan-angan, kini sudah ada beberapa produk kendaraan yang dirancang agar dapat melayang di udara. Salah satunya yakni buatan peusahaan EHang, yang digadang-gadang bakal jadi pemasok produk taksi terbang.

Produk yang mereka buat wujudnya mirip seperti drone atau kendaraan nirawak, hanya saja ukurannya cukup besar untuk menampung dua orang dewasa di dalamnya.

Bluebird Sediakan Layanan Bus AKAP, Segini Tarifnya

EHang sudah mengenalkan kendaraan masa depan tersebut, pada pameran elektronik berskala internasional yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada 2016. Tahun berikutnya, uji coba dilakukan di Dubai.

Produk Ehang 184 dapat terbang dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam, dan mencapai ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut. Tenaga penggeraknya berasal dari delapan motor listrik, yang memiliki total tenaga 204 daya kuda.

Polisi Amankan Pengemudi Taksi Liar Bandara yang Menolak Ditertibkan, Ditemukan Sajam di Mobilnya

Jarak tempuh taksi terbang ini kurang lebih 30 kilometer, dan uniknya tidak membutuhkan pilot karena sudah memakai teknologi otonom yang membuatnya bisa terbang secara otomatis sesuai titik yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram pribadi Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Rabu 1 September 2021, unit terbaru dari EHang saat ini sudah berada di diler Prestige Image Motorcars yang berlokasi di Jakarta Utara.

Dalam foto yang diunggah, tampak Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim sedang melihat-lihat taksi terbang tersebut. Sebelumnya, mereka juga pernah memajang produk EHang saat mengikuti pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya