Cara Tukar Tambah Mobil biar Tetap Untung

Sentra penjualan mobil bekas.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Pesatnya perkembangan teknologi otomotif, membuat para produsen kendaraan bisa menghadirkan produk baru dalam waktu relatif lebih singkat dari zaman dahulu.

Terkuak! Pemilik Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Ternyata Pakai Pelat Dinas Palsu

Hal ini otomatis membuat konsumen jadi mudah tergoda, untuk bisa memiliki mobil keluaran terbaru yang biasanya mendapat beberapa penyempurnaan. Begitu angsuran unit yang saat ini dimiliki lunas, mereka langsung memutuskan untuk tukar tambah.

Namun, proses tersebut akan membuat pemilik mobil mengalami kerugian. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari uang yang harus dikeluarkan hingga waktu yang terbuang untuk menjual mobil lama.

Gagahnya Toyota 4Runner Baru

Ilustrasi jual beli mobil bekas.

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mobil88, Kamis 2 September 2021, salah satu cara yang bisa ditempuh oleh pemilik mobil yang hendak melakukan tukar tambah tanpa mengalami kerugian banyak, yakni dengan memastikan bahwa semua kelengkapan tersedia.

Gak Nyangka, Bayar Pajak Tahunan Mobil Listrik Cuma Segini

Periksa apakah ban serep, dongkrak dan kunci pembuka baut ban tersedia di bagasi. Cari buku manual yang dulu didapat saat membeli unit tersebut dalam kondisi baru, lalu simpan di kotak dasbor bersama buku servis.

Bicara soal buku servis, harga mobil bekas akan cenderung lebih tinggi jika kendaraan itu dirawat secara berkala di bengkel resmi. Jadi, pastikan semua dokumen yang berkaitan dengan servis disimpan rapi.

Ilustrasi buku manual kendaraan bermotor

Photo :
  • R129.co

Sebaiknya mobil berada dalam kondisi bersih, sebelum ditawarkan ke pembeli. Uang yang dikeluarkan tidak akan seberapa, dibandingkan keuntungan yang didapat saat konsumen melihat kilaunya cat kendaraan.

Selain menawarkan ke pembeli langsung, pemilik mobil juga dapat mengunjungi showroom kendaraan bekas yang terpercaya. Beberapa bahkan merupakan divisi dari diler resmi, yang dibuat untuk memudahkan konsumen melakukan tukar tambah.

Keuntungan yang didapat jika menggunakan teknik ini, harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi dari pasaran karena diler berusaha untuk mengontrol harga mobil bekasnya di pasaran.

Penghematan waktu bisa didapatkan, dengan cara memanfaatkan fasilitas online yang disediakan oleh beberapa diler. Jadi, akan ada tim yang datang ke rumah untuk menaksir harga mobil yang berencana dijual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya