Ada Kabar Mengejutkan soal Toyota Raize

Toyota Raize 1.0 GR Sport TSS
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Toyota Raize resmi dipasarkan di Indonesia sejak April tahun ini, mengisi segmen compact sport utility vehicle atau SUV bersama dengan Daihatsu Rocky.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Mobil berpenampilan modern dengan pilihan mesin 1.000cc Turbo dan 1.200cc standar tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp189 jutaan untuk Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize versi paling rendah dibanderol Rp214 jutaan.

Keduanya mendapatkan insentif pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah, yang besarannya pada bulan ini berubah dari 100 persen menjadi hanya 25 persen saja. Namun, bulan depan hal itu bisa jadi berubah.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2021 tentang perubahan PP nomor 73 tahun 2019 yang mengatur soal skema baru PPnBM kendaraan bermotor yang dipasarkan di Indonesia, akan mulai efektif berlaku pada 16 Oktober mendatang.

Dalam PP tersebut, penghitungan PPnBM yang tadinya berdasarkan jenis kendaraan dan kapasitas mesin, diubah menjadi konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang yang dihasilkan. Tujuannya, yakni demi mendukung Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan pengembangan elektrifikasi kendaraan.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Pada pasal lima disebutkan bahwa mobil penumpang bermesin maksimal 3.000cc dengan konsumsi BBM lebih dari 15,5 kilometer per liter atau tingkat emisi CO2 kurang dari 150 gram per kilometer, akan dikenakan PPnBM sebesar 15 persen.

Sesuai dengan aturan sebelumnya, yakni Peraturan Pemerintah nomor 145 tahun 2000 jenis kendaraan bermotor dengan mesin berkapasitas maksimal 1.500cc dikenakan PPnBM sebesar 10 persen. Artinya, adanya PP terbaru yang mulai berlaku bulan depan akan membuat harga jual mobil naik sebanyak lima persen.

Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri, dikutip VIVA Otomotif Kamis 9 September 2021, Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Raize ada di kisaran Rp146-198 juta.

Jika ditambahkan lima persen, maka harga jual mobil tersebut bakal naik Rp7-10 juta. Namun, angka itu belum termasuk diskon PPnBM 25 persen yang berlaku hingga akhir tahun ini. Sebagai informasi, kenaikan ini juga bakal dialami oleh SUV lainnya seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya