Beli Mobil Toyota Ini Harus Inden 4 Tahun

Bocoran wujud mobil Toyota Land Cruiser Gazoo Racing.
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sebagian dari mobil yang akan dibeli di diler tidak bisa langsung dibawa pulang ke rumah. Konsumen harus menunggu beberapa hari, karena unit terlebih dahulu harus disiapkan.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Waktu tunggu bisa menjadi agak lama, apabila model yang dipilih sedang laris-larisnya sementara kemampuan produksi di pabrik terbatas. Hal ini cukup sering terjadi di Indonesia, di mana waktu inden bisa mencapai pekan hingga bulanan.

Khusus untuk mobil mewah yang didatangkan dari luar negeri, waktu tunggunya bahkan bisa mencapai satu tahun. Bahkan, ada kendaraan buatan Toyota yang calon pembelinya harus rela inden selama empat tahun.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Selasa 14 September 2021, mobil yang dimaksud adalah Toyota Land Cruiser generasi terbaru, yang peluncurannya baru dilakukan bulan lalu.

Kendaraan gagah yang masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV ini hanya diproduksi di pabrik Toyota yang ada di Jepang, dan hanya dibuat dalam jumlah 5.000 unit per tahun.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Namun antusiasme konsumen jauh lebih besar, bahkan saat Toyota membuka inden sebelum peluncuran resmi semua alokasi sebanyak 21.500 unit sudah habis dipesan.

Selain terbatasnya kapasitas produksi, unit Land Cruiser yang dipesan konsumen kebanyakan merupakan varian tertinggi, yakni ZX dan GR Sport. Dua tipe itu membutuhkan banyak fitur elektronik, sedangkan saat ini dunia sedang mengalami keterbatasan stok komponennya.

Jika memesan tipe yang lebih rendah, waktu tunggunya juga tidak sebentar, yakni mencapai 2-3 tahun. Sebanyak 60 persen unit yang dipesan menggunakan mesin bensin enam silinder berkapasitas 3.500cc, yang dapat menghasilkan 409 daya kuda serta torsi 650 Newton meter.

Saat awal diluncurkan di Arab Saudi dan Kuwait, harga dari Toyota Land Cruiser seri J300 disebut-sebut mencapai 70 ribu pound sterling atau setara Rp1,4 miliar. Namun, di Jepang mobil ini dijual mulai dari 5,1 juta yen atau sekitar Rp671 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya