Ratusan Ribu Mobil Canggih Bakal Pakai Komponen Buatan Indonesia

Platform mobil listrik E-GMP buatan Hyundai
Sumber :
  • KED Global

VIVA – Indonesia siap terjun ke dalam bisnis kendaraan listrik atau battery electric vehicle. Berbagai langkah dilakukan pemerintah, agar rencana itu bisa terwujud dalam waktu singkat.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Salah satunya yakni dengan memberi kemudahan pada pabrikan otomotif, agar mereka mau membangun dan merakit mobil listrik di Tanah Air. Selain itu, berbagai program pendukung seperti insentif khusus dan pembangunan infrastruktur juga sudah mulai disiapkan.

Salah satu produsen yang telah menyatakan komitmennya untuk mendirikan pabrik komponen mobil listrik, yakni Hyundai. Perusahaan asal Korea Selatan itu bahkan telah memulai peletakan batu pertama pembangunan, di Karawang, Jawa Barat.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Proyek tersebut merupakan kolaborasi antara Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution, di mana mereka bakal memproduksi sel baterai kendaraan listrik. Acara yang digelar secara virtual itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik akan dapat sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait,” ujar Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 15 September 2021.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Pabrik baru untuk pembuatan sel baterai ini dibangun di area seluas 330 ribu meter persegi. Pembangunan direncanakan selesai pada semester pertama di 2023, sementara produksi massal akan mulai beroperasi pada semester pertama 2024.

Fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 Giga Watt hours sel baterai lithium-ion dengan bahan katoda nikel, kobalt, mangan dan aluminium setiap tahunnya, cukup untuk memenuhi kebutuhan 150 ribu unit BEV buatan Hyundai dan Kia.

Nantinya, kendaraan yang menggunakan baterai tersebut adalah yang dibangun menggunakan platform Electric-Global Modular Platform rancangan Hyundai Motor Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya