Punya Rp200 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru atau Fortuner Bekas?

Toyota Fortuner TRD Sportivo terbaru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA – Tidak semua orang mampu, atau menginginkan mobil baru. Selain selera, harga menjadi tolak ukur mereka, sehingga membeli dalam kondisi bekas menjadi pilihannya, mengingat model yang didapat lebih beragam.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Salah satunya Toyota Fortuner, mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut memiliki harga cukup mahal bagi sebagian orang. Sehingga meminangnya dalam kondisi bekas pakai menjadi solusi, karena lebih terjangkau.

Body kit All New Toyota Fortuner.

Photo :
  • Indianautoblog
Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Marketing LB Auto Sunter, Riswan Susilo mengatakan, harga Fortuner bekas saat ini tidak stabil, atau sedang turun, karena mobil itu mendapatkaan keringanan PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) dari pemerintah.

“Berasa turunnya, tahun 2020 biasa beli Rp480 juta dari pemilk, sekarang paling berani Rp420 juta untuk tipe TRD VRZ. Untungnya tipis, harga beli mepet-mepet harga jual,” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Kamis 16 September 2021.

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Nyaman

Lebih lanjut Aris sapaan akrabnya menyebut, penurunan harga paling besar berdampak pada Fortuner lansiran 2016, atau generasi terbaru. Penyusutannya hingga Rp40 jutaan, tergantung tipe, dan kondisi dari mobil gagah tersebut.

Hal senada disampaikan Yusak salah satu pedagang mobil bekas di ITC Permata Hijau. Menurutnya, kebijakan penurunan pajak tidak terlalu berpengaruh untuk model lawas, dibandingkan All New Fortuner atau buatan 2016 ke atas.

“Contohnya tipe G TRD 2012 dari Rp235-240 jutaan menjadi Rp210-230 juta untuk saat ini, cukup tipis penurunan harganya. Kalau Fortuner 2016 tipe VRZ rangenya Rp320 jutaan, dari Rp365 juta,” katanya.

Artinya dengan uang Rp200 jutaan sudah bisa memiliki SUV pesaing Pajero Sport tersebut. Tapi jika tertarik meminang mobil baru pilihannya adalah Toyota Raize, Rush, atau Daihatsu Rocky, dan Terios, hingga Honda BR-V.

Secara segmen masih di bawah Fortuner. Contohnya Raize, mobil yang diluncurkan pada 30 April 2021 itu terlahir sebagai SUV kompak dengan kapasitas lima penumpang. Dibekali dua pilihan mesin bensin, yakni 1.200cc dan 1.000cc turbo.

Toyota Raize

Photo :
  • VIVA Otomotif

Untuk tipe tertinggi, Raize 1.0 GR TSS sistem keamanannya lebih lengkap. Diantaranya terdapat Adaptive Collision System, Lane Departure Assist, Front Departure Alert, pedal Mis Operation Control, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert.

Raize untuk mesin non turbo dilego Rp214,300 juta untuk tipe 1.2 G manual one tone, dan Rp228,200 juta tipe 1.2 G CVT one tone. Sedangkan mesin turbo harganya Rp232,600 juta tipe 1.0T G manual one tone, sampai Rp281,200 juta tie 1.0 GR CVT TSS Two Tone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya