Pembeli Mobil Xpander dan Raize Siap-siap Dapat Transfer Uang

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Para pembeli mobil Toyota Avanza dan Toyota Raize yang melakukan transaksi bulan ini, siap-siap mendapat kejutan. Mereka bakal ditransfer sejumlah uang, yang nilainya jutaan rupiah.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Hal itu tidak hanya akan dialami oleh para pembeli dua mobil tersebut saja, namun juga mereka yang membawa pulang Daihatsu Xenia, Daihatsu Rocky, Mitsubishi Xpander, dan beberapa model lainnya.

Transfer itu adalah uang kelebihan yang mereka bayarkan, saat melakukan transaksi di diler. Hal itu berkaitan dengan adanya kebijakan baru dari pemerintah, yang baru saja diumumkan.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Ilustrasi diler mobil Toyota

Photo :
  • VIVA/Pius Mali

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan bahwa pemerintah memutuskan untuk memperpanjang diskon pajak barang mewah atau PPnBM 100 persen, yang sebelumnya berakhir pada bulan lalu.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

“Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah, seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi COVID-19,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 17 September 2021.

Febrio menuturkan, dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 120/PMK 010/2021, besaran insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021 diperpanjang
menjadi hingga Desember 2021.

Toyota Raize

Photo :
  • VIVA Otomotif

Besaran insentif untuk mobil dengan kapasitas mesin hingga 1.500cc adalah 100 persen, kapasitas mesin 1.501cc hingga 2.500cc penggerak dua roda 50 persen dan mesin 2.501cc ke atas 25 persen.

Dengan hadirnya aturan baru itu, artinya selisih 75 persen yang tadinya sudah dibayarkan oleh pembeli mobil yang masuk dalam daftar di bulan ini akan dikembalikan ke mereka. Jumlahnya berbeda-beda, sesuai dengan PPnBM masing-masing model.

“Kelebihan PPnBM dan atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada bulan September 2021, akan dikembalikan atau refund oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pemungutan,” tuturnya.

Sebagai informasi, adanya relaksasi tersebut berhasil menaikkan angka penjualan mobil pada periode Maret hingga Agustus tahun ini. Konsumen mendapatkan keuntungan berupa pengurangan harga, yang besarannya bervariasi antara belasan hingga puluhan juta rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya