Suzuki Indonesia Recall 21 Unit Jimny Baru, Oli Transmisi Rembes

Suzuki Indonesia Recall 21 Unit Jimny Baru, Oli Transmisi Rembes

Suzuki Jimny kena recall
Sumber :

VIVA –  PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan recall atau penarikan kembali pada 21 unit Jimny transimi otomatis. Sebab, mobil-mobil tersebut berpotensi alami perembesan oli pada transmisi.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Jika itu terjadi, maka mobil bisa tidak dijalankan dan dikhawatirkan membahayakan pengendara dan penumpanhnya. Maka itu, SIS langsung melakukan perbaikan kepada 21 unit Jimny yang diproduksi antara Mei hingga Juni 2021.

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, mengatakan bahwa terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Suzuki Jimny Sierra tampil di Tokyo Motor Show 2019

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

“Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” kata Hariadi dalam keterangan resmi, Jumat, 17 September 2021.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Hariadi menambahkan bahwa selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set.

Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Suzuki Jimny di pabriknya di Suzuki Kosai Plant di Jepang

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Selain recall campaign, saat ini Suzuki sedang melakukan service campaign, juga untuk Jimny. Kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness.

Tekanan dari tekukan saat pembukaan/penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberap fitur, seperti power window dan central door lock. Sehingga, agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.  

Total terdapat 1.540 unit Suzuki Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.

Masih menurut Hariadi, dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. Selain itu, Hariadi memastikan bahwa konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya