Orang Luar Negeri Tergila-gila Mobil LCGC Indonesia

Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R
Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Pasar otomotif Indonesia pada 2013 silam diramaikan oleh satu jenis mobil baru, yakni low cost green car atau LCGC. Model ini dihadirkan, supaya masyarakat bisa memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa syarat agar mobil yang diproduksi secara lokal itu bisa masuk dalam kategori LCGC, mulai dari menggunakan sebagian besar komponennya berasal dari dalam negeri hingga memiliki konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter.

Meski angka penjualannya belum bisa menyaingi kendaraan yang ada di segmen multi purpose vehicle atau MPV, tapi sejak kemunculan LCGC jumlah mobil yang laku secara nasional jadi meningkat.

Suzuki New Karimun Wagon R.

Suzuki New Karimun Wagon R.

Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

Uniknya, ada beberapa mobil LCGC yang tidak hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Beberapa juga diproduksi guna keperluan ekspor. Salah satunya yakni Suzuki Karimun Wagon R, yang dibuat di pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

Direktur Pemasaran kendaraan roda empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan bahwa angka ekspor unit yang dikapalkan dalam bentuk terurai atau completely knock down pada tahun ini naik pesat.

“Tahun lalu ekspor CKD mobil Suzuki hanya lima ribuan unit. Pada tahun ini (periode Januari – Agustus) jadi 13 ribu lebih sedikit, jadi kenaikannya sekitar 168 persen,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 17 September 2021.