Ada yang Beda dari Satpam Pabrik Mobil Ini

Ilustrasi pabrik mobil Kia.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Setiap pabrik mobil membutuhkan satuan pengamanan atau satpam, yang tugasnya menjaga agar kondisi tetap aman. Mereka bertugas selama 24 jam secara bergiliran, memastikan semua titik tetap kondusif.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Tugas mereka dipermudah dengan adanya teknologi kamera CCTV, yang bisa digunakan untuk melakukan pemantauan semua area dari satu titik saja.

Meski demikian, tetap ada juga yang berkeliling memeriksa apakah pintu tetap dalam kondisi tertutup, serta memastikan tidak ada potensi bahaya seperti kebakaran.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Minggu 19 September 2021, pabrik mobil Kia di Korea Selatan mulai menerapkan konsep baru dalam sistem pengamanan.

Perusahaan tersebut menggunakan tenaga robot buatan Hyundai, untuk mengawasi pabrik mereka. Robot tersebut diciptakan oleh Boston Dynamics, perusahaan pengembang teknologi robot yang menjadi bagian dari Hyundai Group.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Robot yang diberi nama Spot itu dirancang khusus, untuk bisa beroperasi menjalankan tugas pengawasan di area industri. Benda ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan, serta kemampuan untuk bergerak secara otomatis sesuai dengan tugas yang diemban.

Robot Spot hadir di Kelapa Gading, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/Misrohatun

Spot dilengkapi dengan sensor dan radar untuk memantau keberadaan manusia di dekatnya, serta pendeteksi suhu panas yang bisa menangkap citra adanya potensi bahaya kebakaran. Jika itu terjadi, maka robot yang pernah dipamerkan di Indonesia ini secara otomatis mengirim informasi ke pengawas.

Meski bergerak secara mandiri, namun Spot juga bisa dikontrol oleh pengawas saat dibutuhkan untuk memeriksa area tertentu yang dianggap perlu pengawasan lebih detail.

Karena dimensinya yang kecil, Spot bisa masuk ke area sempit yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh manusia. Konsep ini nantinya akan dikembangkan lebih luas lagi, sehingga robot bisa digunakan untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya