Heboh Mobil Toyota Kijang Innova Seliweran di Jalan Raya Inggris

Kijang Innova.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Toyota Kijang Innova baru-baru ini heboh di media sosial, karena foto-fotonya sedang berjalan di jalan raya Inggris. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu juga menggunakan pelat nomor dari negara tersebut.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Berdasarkan unggahan foto di Platesmania, dikutip VIVA Otomotif Selasa 21 September 2021, Kijang Innova berwarna hitam tersebut disematkan pelat nomor bertuliskan FXI0 MWC dengan warna dasar kaleng putih, perpaduan biru.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Menurut informasi identitas kendaraan, Kijang Innova generasi pertama itu berlokasi di Lincolnshire, Inggris. Diketahui, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah pabrikan yang membuat MPV tersebut untuk pasar domestik, dan ekspor.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

TMMIN terpilih menjadi basis produksi Kijang Innova sejak generasi pertama, sejalan dengan proyek Innovative Multi-purpose Vehicle atau IMV. Kandungan lokalnya mencapai 80 persen, lebih tinggi dari generasi sebelumnya tanpa embel-embel Innova.

Melansir situs resmi Toyota Indonesia, Kijang pertama kali hadir pada 1977 dengan konsep Basic Utility Vehicle atau BUV. Ditawarkan dalam dua model, yakni pikap untuk mengangkut barang, ada jenis penumpang.

Menjadi tulang punggung penjualan Toyota di Indonesia, mobil buatan lokal tersebut dipertahankan hingga saat ini. Pertama kali embel-embel Innova melekat pada 2004 lalu dengan desain eksterior lebih mewah dari Kijang kapsul.

Untuk generasi pertamanya sudah ditawarkan dua pilihan mesin. Yang pertama, bensin 2.000cc VVT-i berkode 1TR-FE bertenaga 134 daya kuda, dan diesel Direct Four Turbo Commonrail Injection 2.500cc untuk tipe E, G, dan V.

Pada bagian interior tipe E menggunakan jok kain, dilengkapi empat speaker. Sedangkan tipe G ada tambahan dua tweeter, dan jok berbahan kainnya sudah memiliki pengaturan tinggi atau rendah, bukan hanya maju, dan mundur.

Ada pilihan layar monitor berukuran 8 inci yang menempel di plafon. Kemudian untuk tipe V yang menjadi kasta tertinggi, tampilan kabin lebih mewah berkat aksen kayu pada door trim, dan dasbor dengan balutan semi kulit.

Untuk varian tersebut juga didukung AC digital, dan MID atau Multi Information Display untuk membantu pengemudi mendapatkan informasi lebih lengkap terkait kondisi kendaraan. Selain itu, jok baris kedua sudah captain seat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya