Mesin Terios Baru Mati Otomatis saat Tanjakan? Ini Kata Daihatsu

All New Daihatsu Terios.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Daihatsu Indonesia pada akhir pekan kemarin meluncurkan versi penyegaran dari salah satu mobil andalan mereka, yakni All New Daihatsu Terios. Ubahan dilakukan dengan menyematkan fitur yang bisa memberi keuntungan pada pemilik kendaraan tersebut.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Fitur yang dimaksud yakni Eco Idle, yang dikenal juga dengan nama idling stop. Fungsinya adalah menghemat pemakaian bahan bakar, dengan mematikan mesin saat kondisi tertentu.

Cara kerjanya cukup sederhana, yakni saat pengemudi menginjak pedal rem hingga All New Daihatsu Terios benar-benar berhenti, beberapa detik kemudian sistem akan mematikan mesin.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Tombol Eco Idle dan VSC pada Daihatsu Terios.

Photo :
  • Dok: ADM

Ketika hendak kembali melanjutkan perjalanan, pengemudi cukup melepas pijakan kaki dari pedal rem, maka motor starter akan otomatis bekerja menghidupkan kembali mesin.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Head Test and Validation Division, Research and Development Directorate PT Astra Daihatsu Motor, Yasuo Sahashi mengatakan bahwa pengemudi tidak perlu khawatir soal daya aki, karena mereka telah memikirkan soal itu dan melakukan penyesuaian.

“Kami sudah pastikan, mesin Terios mati dan menyala berulang kali tidak akan berefek pada performa baterainya,” ujarnya saat konferensi pers, dikutip VIVA Otomotif Rabu 22 September 2021.

All New Daihatsu Terios.

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Demikian pula dengan kondisi saat mobil sedang antre di tanjakan, fitur Eco Idle pada All New Daihatsu Terios akan tetap berfungsi dan didukung oleh adanya fitur lain yang tidak kalah canggih, yakni Hill Start Assist yang mencegah kendaraan mundur ketika pedal rem dilepas selama beberapa detik.

“Tanjakan sudah kami perhitungkan. Mobil akan tetap bekerja maksimum di kemiringan 5 derajat,” tuturnya.

Lantas, bagaimana jika kemiringan jalannya lebih dari 5 derajat? Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Bambang Supriyadi menjelaskan bahwa Daihatsu sudah merancang agar fitur tersebut tidak aktif ketika berada dalam kondisi itu.

“Ada beberapa kondisi idle stop tidak difungsikan, salah satunya kalau kemiringan jalan lebih dari 5 derajat,” ungkapnya saat dihubungi VIVA Otomotif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya