Penjualan Mobil SUV Gagah Buatan Indonesia Ini Naik 103 Persen

Suzuki XL7
Suzuki XL7
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Meski pasar otomotif Indonesia masih didominasi oleh mobil jenis multi purpose vehicle atau MPV, namun model lain seperti sport utility vehicle mulai banyak dilirik oleh masyarakat.

Hal ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, di mana kendaraan SUV yang masuk dalam daftar terlaris ada beberapa model.

Salah satunya yakni Suzuki XL7, yang masuk dalam 10 besar mobil terlaris periode Agustus 2021 karena dikirimkan dari pabrik ke diler sebanyak 2.500-an unit.

Direktur Pemasaran kendaraan roda empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan bahwa penjualan XL7 pada bulan tersebut mengalami peningkatan sebanyak 103 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Salah satu penyebab dari adanya kenaikan itu, kata Donny yakni adanya relaksasi dari pemerintah berupa penghapusan pajak barang mewah atau PPnBM, yang awalnya berlangsung sampai Agustus namun kemudian diperpanjang hingga akhir tahun ini.

“Begitu pun dengan All New Ertiga, yang juga mendapat insentif PPnBM 100 persen. Wholesales mobil tersebut naik 174 persen untuk periode yang sama,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 22 September 2021.

Donny menjelaskan, adanya relaksasi PPnBM tidak hanya memberi keuntungan pada pembeli saja, namun juga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian. Contohnya, apabila kendaraan yang menggunakan komponen lokal mendapat insentif, maka akan berdampak positif bagi industri komponen di Indonesia.