Sinyal Toyota Avanza Baru Meluncur Semakin Dekat, Ini Ubahannya

Mobil yang disebut-sebut warganet sebagai Toyota Avanza baru
Sumber :
  • Facebook Motuba

VIVA – Toyota Avanza merupakan mobil keluarga yang cukup fenomenal. Sejak kehadirannya di Tanah Air pada Desember 2003 silam Avanza langsung menjadi primadona, hingga saat ini masih yang terlaris dikelasnya.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Semasa hidupnya, Toyota Avanza baru satu kali mendapatkan perubahan total pada 2011. Artinya sampai 2021, mobil yang menyasar segmen Low Multi Purpose Vehicle, atau MPV itu mempertahankan generasi kedua.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen hanya memberikan penyegaran, atau minor change beberapa kali. Terakhir, edisi faceliftnya dirilis pada Januari 2019 dengan ubahan tampang, dan beberapa fiturnya.

Mengingat umur generasi kedua sudah menginjak 10 tahun, tidak heran jika rumor kemunculan All New Avanza mencuat ke permukaan. Sejumlah bocoran mengalir dari media sosial, hingga pihak yang merahasiakan identitasnya.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Yang terbaru, diam-diam Toyota telah mendaftarkan model baru melalui Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Tercantum 9 varian dengan kode depan W100RE, dan W101RE yang masing-masing memiliki kode belakang berbeda-beda.

Sebagai contoh untuk mesin 1.300cc terdapat dua tipe dengan kode W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT dengan nilai jual dasar Rp168 juta, dan W100RE-LMDFJ 1.3 E MT Rp157 juta. Sedangkan mesin berkapasitas 1.500cc ditawarkan 7 varian.

Untuk tipe termurahnya adalah WR101RE-LMMFJ 1.5 G MT yang memiliki harga dasar Rp172 juta, dan versi termahalnya ada di Rp227 juta untuk tipe WR101-RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS.

Mengingat jumlah varian dan mesin yang ditawarkan, diduga model baru yang terdaftar dalam NJKB DKI itu adalah Avanza terbaru. Meski belum ada informasi resmi, namun bisa dilihat ada perbedaan mencolok dari tipe-tipe tersebut.

Pertama adalah jenis transmisi matiknya yang sudah mengadopsi Continuously Variable Transmission, atau CVT. Selain itu teknologi lain yang menjadi lebih canggah sistem keamanannya yang mengadopsi TSS atau Toyota Safety Sense.

Selain itu, Daihatsu juga mendaftarkan sejumlah kode baru yang diduga Xenia. Sebelumnya dikutip Wapcar, kedua Low MPV yang menggunakan satu platform tersebut akan mendapatkan perubahan total yang dirilis untuk pasar 2022.

Avanza dan Xenia kabarnya menggunakan platform baru yang disebut Toyota New Global Architecture, atau Daihatsu New Global Architecture. Berbekal transmisi CVT dan rancang bangun baru, sumber penggerak digadang-gadang ikut berubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya