Mobil Murah Ini Sangat Berjasa Bagi Indonesia

Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Wabah pandemi yang menyebar ke seluruh dunia sejak tahun lalu, memberi dampak yang sangat besar pada Indonesia. Banyak warga harus kehilangan pekerjaan, beberapa perusahaan tutup dan daya beli langsung merosot.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Hal itu membuat negara masuk dalam masa resesi, di mana data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan pada kuartal dua di 2020 terjadi kontraksi 5,32 persen pada perekonomian nasional. Hal yang sama terjadi di kuartal tiga, di mana angkanya minus 3,49 persen.

Setelah berjuang selama berbulan-bulan, akhirnya pada Agustus lalu Indonesia berhasil keluar dari jurang resesi. Dan hal itu bisa terwujud, salah satunya berkat mobil murah buatan Suzuki Indonesia.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Tampilan belakang Karimun Wagon R edisi 50 Tahun Suzuki di Indonesia

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Dari penelusuran VIVA Otomotif di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Jumat 24 September 2021, total kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang dikapalkan ke luar negeri dalam kondisi utuh atau completely built up pada periode Januari hingga Agutus tahun ini sudah mencapai lebih dari 185 ribu unit.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Angka tersebut meningkat 37,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Sementara itu, jumlah kendaraan yang diekspor dalam bentuk completely knock down atau CKD peningkatannya bahkan mencapai 133,9 persen, yakni dari 29 ribuan unit menjadi 70 ribuan unit.

Dari angka kendaraan CKD itu, Suzuki menempati urutan dua dengan jumlah total 13.068 unit atau naik 168 persen dibandingkan periode sebelumnya di 2020. Kontribusi paling banyak berasal dari mobil yang masuk dalam kategori low cost green car atau LCGC, yakni Suzuki Karimun Wagon R, yakni sebanyak 12 ribuan unit.

Bocoran Suzuki Karimun Wagon R GS edisi 50 tahun

Photo :
  • Instagram @indra_fathan

“Selain menandakan bahwa pasar otomotif internasional mulai pulih, pencapaian ini juga menjadi bukti bahwa kualitas produk Suzuki Indonesia telah diakui dan diminati secara global,” ujar Production Planning Control Assistant to Department Head PT Suzuki Indomobil Motor, Apriyanto.

Selain Karimun Wagon R, produk Suzuki lainnya yang dibuat di Indonesia dan jadi favorit masyarakat di negara lain yakni Suzuki XL7 yang masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV, Suzuki Ertiga yang merupakan multi purpose vehicle atau MPV dan kendaraan niaga ringan Suzuki Carry Pick-Up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya