Rival Xpander Punya Fitur Canggih, Pertama di Kelasnya

Bocoran Daihatsu Xenia 2019
Sumber :
  • Instagram @batam_otovirtual

VIVA – Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil jenis low multi purpose vehicle atau MPV, yang banyak sekali peminatnya di Indonesia. Pada Juli lalu, model ini menduduki posisi pertama mobil paling laris di Indonesia. Hal itu juga pernah beberapa kali terjadi, saat awal-awal kehadirannya.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Namun tidak lama lagi, Xpander akan mendapat penantang baru yang jauh lebih canggih. Bukan hanya itu, rivalnya tersebut merupakan generasi terbaru dari model yang sudah ada saat ini dan punya julukan mobil sejuta umat.

Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, di mana dua mobil kembar itu dikabarkan akan hadir dalam versi baru. Bocoran informasinya beberapa waktu lalu sudah muncul, di mana ada unit yang dikapalkan ke Jepang untuk melalui proses pengujian.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Informasi kehadiran Avanza baru juga beredar beberapa waktu lalu, di mana satu unit mobil berkapasitas tujuh orang itu tertangkap kamera sedang melintas di jalan dan ada yang berbeda di bagian roda penggeraknya.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, Selasa 28 September 2021, diketahui bahwa baik Toyota maupun Daihatsu memiliki dua model baru yang status namanya masih berupa kode, W100RG dan W101RG.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Dalam dokumen Permendagri baru itu, tampak kode W100RG dibekali mesin berkapasitas 1.300cc, sementara W101RG mengusung jantung pacu 1.500cc. Daihatsu memiliki lima tipe W100RG dan tiga W101RG, sedangkan Toyota ada dua W100RG serta tujuh W101RG.

Mobil baru itu dibekali dengan dua pilihan transmisi, yakni manual serta otomatis tipe continuously variable transmission atau CVT. Ini adalah kedua kalinya Daihatsu dan Toyota memakai komponen tersebut, setelah Rocky dan Raize.

Informasi lain yang tidak kalah mengejutkan, yakni baik Toyota maupun Daihatsu menyiapkan model baru tersebut dengan teknologi advance driver assistance system atau ADAS, yang berfungsi membantu pengemudi terhindar dari potensi bahaya.

Toyota menggunakan nama Toyota Safety Sense atau TSS untuk teknologi canggih tersebut, sementara Daihatsu menyebutnya Advanced Safety Assist atau ASA. Ini kali kedua mereka melakukan itu, setelah sebelumnya fitur tersebut dipasang di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya