Keunikan Koleksi Mobil Dua Jenderal yang Heboh Soal Diorama

Adegan Mayjen Soeharto memerintahkan Kol Sarwo Edhie untuk merebut Halim
Sumber :
  • Repro Film G30S PKI (Arifin C Noer)

VIVA – Selain heboh soal diorama, dua Jenderal TNI yakni Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo dan Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, ternyata punya kesamaan dalam memilih merek mobil. Hal itu terlihat dari koleksi mobil yang terdeteksi lewat LHKPN.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Kedua tokoh TNI Angkatan Darat ini menjadi sorotan, karena hilangnya diorama tokoh penupasan G30S PKI di Museum Dharma Bhakti Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di kawasan Gambir Jakarta Pusat.

Menurut Gatot, indikasi kuat disusupinya TNI oleh gerakan kiri komunis dapat dilihat dari hilangnya sejumlah patung atau diorama sejumlah tokoh TNI Angkatan Darat yang terdapat di  Museum Darma Bhakti yang terletak di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Sementara menurut Letjen Dudung, tudingan yang dilontarkan Gatot merupakan tudingan yang keji. Karena sebetulnya Letjen Dudung menjelaskan bahwa diorama tersebut diambil oleh penggagasnya Pangkostrad ke-34, Letjen TNI (Purn) AY. Nasution, yang merasa berdosa membuat patung-patung tersebut menurut keyakinan agamanya.

Nah, balik lagi pada koleksi mobil. Dari penelusuran VIVA Otomotif, Rabu 29 September 2021, kedua perwira tinggi yang sama-sama pernah menjabat Gubernur Akmil tersebut juga ternyata suka dengan mobil merek Toyota.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

Dari tiga koleksi mobil yang dimiliki Jendral (Purn) Gatot semuanya bermerek Toyota, pertama Toyota Alphard buatan 2006, mobil MPV kelas premium itu harganya ditaksir Rp385 juta.

Koleksi mobil Toyota lainnya yang dimiliki Gatot adalah Harrier lansiran 2011 seharga Rp120 juta, dan Kijang Super 1996 menjadi yang termurah, karena harganya hanya Rp40 juta saat itu.

Sementara koleksi mobilnya Letjen Dudung adalah Toyota Fortuner 2.4 VRZ tahun 2020, yang kalau dijual harganya sekitar Rp525 juta. 

Toyota Fortuner yang seumur dengan milik Letjen Dudung tersedia tiga pilihan, yakni Toyota Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T DSL, Toyota Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD dan Toyota Fortuner 4x4 2.4 VRZ A/T DSL. Sayangnya tidak dijelaskan varian yang mana yang dimiliki Letjen Dudung.

Selain Fortuner, Letjen Dudung juga punya Toyota Veloz lansiran 2019 seharga Rp180 juta. Bukan tergolong barang mewah, karena mobil yang dapat menampung 7 penumpang itu berada di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) dan menjadi varian teratas Avanza.

Bedanya, Letjen Dudung punya satu unit sepeda motor yakni Honda PCX dengan tahun produksi 2020 seharga Rp30 juta. Mengacu pada situs resmi Honda, motor skutik tersebut per bulan Februari 2021 menggunakan mesin 160cc itu ditawarkan 3 varian, untuk tipe CBS dilego Rp30.845.000 dan ABS Rp34.445.000 juta, dan e:Hev Rp43.650.000. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya