Malas Putar Balik, Fortuner Ini Nekat Nyebrang Pembatas Jalan

Toyota Fortuner melanggar lalu lintas
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Pembatas jalan yang berada di tengah menjadi pemisah antara lajur kanan, dan kiri. Selain itu, fungsi lain pembatas jalan terutama jika dilengkapi trotoar maka fungsinya sebagai area pejalan kaki.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Berdasarkan aturan yang ada, pembatas jalan dilarang dilewati kendaraan. Mengingat kondisi jalan yang sempit, terutama ketika macet ada saja yang nekat melewati trotoar padahal pemabatas jalan itu digunakan untuk pejalan kaki.

Pemobil Fortuner Diperintah Sang Kakak Buang Pelat TNI di Lembang, Polisi Turun Tangan

Seperti yang dilakukan pengguna Toyota Fortuner yang malas putar balk, sehingga melewati pembatas di tengah jalan meski cukup tinggi. Aksinya terekam kamera hingga viral di media sosial, salah satunya diunggah Instagram @indocarstuff.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Dalam tayangannya mobil Fortuner berwarna putih berada di sisi kiri jalan, namun karena lokasi yang dituju berada di sisi kanan sehingga dia harus melewati tempat tujuannya untuk putar balik, karena sepanjang jalan diberikan pembatas.

Enggak disangka, demi waktu yang singkat pengguna Sport Utility Vehicleatau SUV  itu langsung membelokkan setirnya dengan menyebrangi pembatas jalan tersebut. Mengingat ground clearancenya tinggi, dengan mudah pembatas jalan itu dilewati.

Diduga pelanggaran tersebut terjadi di India. Melihat desain ekteriornya, mobil gagah itu adalah Fortuner versi terbaru yang pertama kali masuk di Indonesia pada 2016, dan diproduksi hingga 2020.

SUV tersebut satu platform dengan Kijang Innova dan Hilux yang mengandalkan ladder frame sebagai kontruksi utamanya. Sasis model tangga itu kerap digunakan untuk mobil yang tangguh di segala medan.

Untuk mendukung ketangguhannya di berbagai jalan, mobil tersebut memiliki suspensi depan belakang model double wishbone dan koil spring lengkap dengan stabilizer.

Pengereman depan belakang sudah disk brake yang didukung ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic force Brake Distribution). Dengan begitu mobil tidak akan selip saat melakukan pengereman mendadak, dan penumpang tidak akan terlempar ke depan.

Mobil gagah tersebut dibbekali dua pilihan mesin. Yang pertama mesin bensin berkapasitas 2.700cc yang dapat menyemburkan tenaga 163 PS dan torsi 242 Newton meter. Sedangkan mesin dieselnya dilengkapi turbo berkapasitas 2.400cc dengan tenaga 149,6 PS.

Untuk model lamanya, Fortuner ditawarkan delapan varian. Kini Toyota sudah merilis model barunya pada 15 Oktober 2020 dengan sedikit penyegaran pada eksterior, interior, dan penambahan fitur-fitur keamanan, dengan harga yang lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya