Daerahnya Paling Miskin, Koleksi Mobil Bupati Cianjur Bikin Kaget

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman.
Sumber :
  • ANTARA POTO/Ahmad Fikri

VIVA – Kabupaten Cianjur menjadi daerah paling miskin di Jawa Barat. Berdasarkan data tingkat kemiskinan ekstrem, jumlah penduduk miskin di Cianjur mencapai empat persen atau sebanyak 90.480 jiwa.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Bupati Cianjur Herman Suherman menilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah membuat Cianjur masuk dalam lima kabupaten yang memiliki jumlah penduduk miskin ekstrem tertinggi di Jawa Barat.

"Pemkab akan berupaya mengentaskan kemiskinan sekaligus meningkatkan IPM dengan berbagai cara seperti meningkatkan kualitas pendidikan hingga pertanian," ujarnya baru-baru ini.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

Meski daerah yang dipimpinnya paling miskin di Tanah Sunda, namun kekayaan dan koleksi mobil Herman Suherman cukup bikin kaget. Hal itu terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Mantan Wakil Bupati Cianjur itu memiliki harta kekayaan mencapai Rp8,202 miliar pada 5 Maret 2021, artinya ada peningkatan cukup drastis dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp5,644 miliar.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

Dari angka tersebut, tanah dan bangunan menjadi aset tebesar senilai Rp6,670 miliar. Kemudian koleksi kendaraan pribadi yang terparkir di garasi rumahnya meliputi dua unit mobil mewah, dan satu motor Honda Vario.

Mobil termahalnya adalah Toyota Fortuner buatan 2019. Sport Utility Vehicle atau SUV tersebut adalah tipe 2.4 VRZ berpenggerak 4x4, artinya menjadi kasta tertinggi yang harganya ditaksir setengah miliar, atau Rp600 juta.

Mobil gagah itu dipersenjatai mesin diesel 2.393cc VNT (Variable Nozzle Turbo) Intercooler, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 146,9 daya kuda di 3.400 rpm, dan torsi 400,1 Newton meter di 1.600-2.000 rpm.

Toyota Fortuner 2015.

Photo :
  • Indianautoblog

Tenaga besarnya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke semua roda. Sebagai tipe tertinggi, tentu fitur-fiturnya lebih lengkap. Pengereman didukung ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist).

Mencegah mobil tidak merosot saat berhenti di jalan menanjak terdapat HAS (Hill Start Assist), agar menjaga putaran roda tetap stabil saat bermanuver didukung VSC (Vehicle Stability Control), traction control, dan masih banyak lagi.

Sementara mobil kedua Herman Suherman adalah Toyota Corolla Altis lansiran 2016. Sedan kelas menengah itu harganya tercatat Rp250 juta. Mobil dengan konfigurasi lima penumpang itu dibekali mesin bensin 1.800cc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya