Bilang Densus 88 Bubar, Kaget Lihat Koleksi Mobil Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon
Sumber :
  • Instagram @fadlizon

VIVA – Selain dikenal suka blak-blakan, hal lain yang tidak kalah menarik dari seorang Fadli Zon adalah koleksi mobil yang berada di garasi rumahnya, menurut data dari LHKPN Fadli Zon memiliki lebih dari lima unit kendaraan.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Aksi blak-blakan kembali diperihatkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, yang meminta agar pasukan elite polisi yang bertugas memberantas terorisme, Detasemen khusus antiteror atau Densus 88 dibubarkan. 

Alasannya, Fadli menganggap jika narasi yang dikeluarkan oleh Densus berbau Islamofobia. “Dunia sudah berubah, sebaiknya Densus 88 ini dibubarkan saja. Teroris memang harus diberantas, tapi jangan dijadikan komoditas," cuit Fadli seperti dikutip VIVA Otomotif, Kamis 7 Oktober 2021.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

Cuitan Fadli tersebut, sebetulnya mengomentari berita yang menuliskan pernyataan Densus 88 yang mengklaim Taliban menginspirasi teroris di Indonesia.

Kemballi pada koleksi mobilnya, berdasarkan data yang dikantongi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Fadli Zon sempat melaporkan harta kekayaannya kepada negara pada 2018 senilai Rp36,631 miliar belum dipotong dari utangnya yang mencapai Rp5,468 miliar.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

Dari angka tersebut, politisi lulusan Ilmu Budaya itu menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli 5 unit mobil dan 4 unit sepeda motor secara total nilainya Rp1,579 miliar. Koleksi kendaraan termahalnya adalah Range Rover Evoque.

Mobil berjenis SUV buatan Inggris itu diproduksi pada 2013, dan harga bekasnya ditaksir Rp499 juta pada dua tahun lalu. Padahal dalam situs jual beli online banderolnya saat ini masih di angka Rp500-600 jutaan, tergantung kondisi.

Range Rover Evoque yang beredar di Tanah Air dengan tahun produksi tersebut rata-rata tipe 2.0 Dynamic Luxury. Mengusung mesin bensin 1.999cc turbo yang dapat menyemburkan tenaga 237 daya kuda, dan torsi 340 Newton meter.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi matik 6 percepatan. SUV yang dapat menampung 5 penumpang itu memiliki dimensi cukup kompak, sebab panjangnya hanya 4.365 milimeter, lebar 1.965 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Selain Evoque, mobil termahal lainnya yang dimiliki Fadli Zon adalah Toyota Vellfire buatan 2013. MPV mewah yang menjadi saudara kandung Alphard itu harganya tercantum Rp450 juta dan merupakan barang hibah atau pemberian.

Kemudian di posisi ketiga ada Fortuner, salah satu SUV andalan Toyota itu dibelinya sendiri pada 2014 yang nilainya Rp277 juta pada dua tahun lalu. Tidak dijelaskan tipenya, namun termasuk model lawas karena pembaharuan totalnya resmi dirilis pada 2016.

Yang membuat kaget, ternyata di garasinya terselip mobil komersial yang umumnya digunakan sebagai pengangkut barang, yakni Gran Max minibus lansiran 2010 seharga Rp80 juta. Lalu sisanya adalah sepeda motor, yang meliputi Honda Karisma, Suzuki Smash, Honda Beat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya