Belum Ada Pelat Nomor Mobil Ini Disiksa, Hasilnya Mengejutkan

Toyota Fortuner terabas banjir
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Sebelum masuk tahap produksi, atau dijual ke pasar setiap kendaraan akan melewati uji coba. Salah satunya adalah melewati genangan air, hal tersebut dilakukan untuk mengukur ketahanannya saat melewati banjir.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Mobil jenis Sport Utility Vehicle atau SUV dianggap lebih tangguh untuk melewati genangan air karena memiliki ground clearance, atau jarak pijak ke tanah lebih tinggi dari mobil jenis sedan, atau hatchback pada umumnya.

Toyota All New Fortuner

Photo :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Sehingga pemilik SUV akan lebih percaya diri saat jalanan yang hendak dilewatinya banjir. Seperti yang terlihat dari unggahan video Tiktok @vishwa79 yang kembali diunggah oleh akun Instagram @gila.rc baru-baru ini.

Dalam tayangan itu, pengemudi Toyota Fortuner nekat melewati banjir dengan ketinggian air mencapai lampu depan, hingga menutupi grille. Namun hasilnya mengejutkan, sebab SUV itu berhasil menerobos air, dan tetap hidup.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Tidak diketahui jelas lokasi dari unggahan tersebut, namun yang menarik perhatian Fortuner berwarna putih itu belum memiliki pelat nomor. Padahal melihat desain eksteriornya, SUV tersebut adalah model 2016-2020 alias sebelum facelift.

Artinya bukan tergolong mobil baru yang keluar dari diler. Saat dikonfirmasi terkait video tersebut, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menyebut tidak disarankan Fortuner melewati air hingga menutupi grille.

“Kalau saya tidak menyarankan karena ada potensi air tehisap masuk ke saluran udara, dan beresiko masuk ke dalam mesin, hingga menyebabkan water hammer,” ujar Didi kepada VIVA Otomotif, Jumat 8 Oktober 2021.

Menurutnya, SUV tersebut bisa lolos dari banjir karena posisi lubang udara ada di balik fender, tertutup plastik dari wheel house atau liner. “Karena kondisinya berjalan, sehingga air tersapu keluar bumper depan,” tuturnya.

Diketahui, Fortuner merupakan mobil gagah yang satu platform dengan Hilux, dan Kijang Innova. Sasis tangga atau ladder frame menjadi kontruksi utama, sehingga mobil tersebut bisa diajak bekerja keras di berbagai medan jalan.

Untuk mendukung ketangguhannya, pada sektor kaki-kaki dibekali suspensi depan belakang model double wishbone dan coil spring lengkap dengan stabilizer. Soal jantung pacu, ada dua pilihan, yaitu diesel 2.400cc, dan bensin 2.700cc dengan penggerak 4x2 atau 4x4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya