Ratusan Orang Indonesia Pesan Mobil Tanpa Lihat Harganya

All New Honda BR-V
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun lalu anjlok hingga nyaris 50 persen, akibat adanya pandemi yang sampai saat ini masih melanda. Namun, kini kondisi tersebut sudah berangsur membaik.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, pengiriman mobil dari diler ke konsumen selama delapan bulan di tahun ini naik 45 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Ada dua hal yang berkontribusi dalam pencapaian tersebut, pertama yakni insentif berupa penghapusan pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah untuk beberapa tipe mobil.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Booth Honda Indonesia di IIMS 2021

Photo :
  • VIVA Otomotif

Hal kedua yang membuat angka penjualan mobil meningkat pada tahun ini, adalah banyaknya model baru yang dihadirkan oleh para produsen otomotif di Tanah Air.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Salah satu contohnya yakni yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor, yang baru-baru ini membuka selubung kendaraan sport utility vehicle atau SUV yang merupakan pembaruan dari model yang ada sebelumnya.

Mobil yang dimaksud adalah All New Honda BR-V, kendaraan berkapasitas tujuh orang yang pertama kali diperkenalkan secara global di Indonesia pada 2016 silam.

Banyak ubahan yang dilakukan oleh HPM, mulai dari bagian eksterior, interior hingga pemasangan mesin baru yang diadopsi dari Honda City Hatchback.

All New Honda BR-V dibangun menggunakan platform yang sama sekali baru, dan sebelumnya sudah dipamerkan dalam wujud mobil konsep Honda N7X.

Mobil ini menjadi yang pertama di kelasnya, yang disematkan fitur canggih berupa sistem keselamatan Honda Sensing. Komputer akan secara aktif memantau kondisi sekitar, dan membantu pengemudi supaya terhindar dari kecelakaan.

All New Honda BR-V

Photo :
  • Dok: HPM

Meski sudah resmi diluncurkan, namun HPM baru akan mendistribusikan All New Honda BR-V pada awal tahun depan. Mereka juga tidak menyebutkan secara detail mengenai harga, hanya saja bocoran bahwa banderolnya mulai dari Rp260 jutaan.

Unit juga sampai saat ini masih dipajang di Dreams Cafe yang ada di Jakarta saja. Walau begitu, ternyata respons masyarakat terhadap pesaing Toyota Rush dan Daihatsu Terios itu ternyata sangat besar.

“Sejak diluncurkan 21 September kemarin, pemesanan dari masyarakat sangat baik. Sudah ada 900 pemesanan yang masuk,” ujar Business Innovation and Marketing merangkap Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 8 Oktober 2021.

Keunikan lainnya, kata Billy yakni unit yang paling banyak dipesan oleh konsumen merupakan tipe tertinggi yang dibekali Honda Sensing.

“Lebih dari 50 persen pemesanan yang masuk itu adalah tipe Honda Sensing, yang sama sekali harganya belum diketahui masyarakat. Itu di luar ekspektasi kami,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya