Kapan Mobil Mewah Pesaing Alphard Seharga Rp400 Jutaan Masuk RI

Hyundai Staria Load
Sumber :

VIVA – Untuk meramaikan pasar Multi Purpose Vehicle atau MPV kelas premium, PT Hyundai Motor Indonesia (HMDI) merilis Hyundai Staria. Mobil yang didatangkan secara utuh dari Korea Selatan itu untuk bersaing dengan Toyota Alphard.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Mobil yang diluncurkan 20 Agustus 2021 itu ditawarkan dua varian, untuk Hyundai Staria dengan konfigurasi tujuh penumpang harganya Rp1,020 miliar, dan versi sembilan penumpang banderolnya Rp888 juta on the road DKI Jakarta.

Hyundai Staria

Photo :
  • Dok: HMID
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Tergolong mahal untuk sebagian orang, padahal di Australia MPV tersebut memiliki varian yang harganya jauh lebih murah. Tapi secara fungsi berbeda, karena dilahirkan untuk pengangkut barang, atau disebut Hyundai Staria Load.

Dilansir dari situs resmi Hyundai di Negeri Kanguru, mobil komersial tersebut dilego AU$45.740 atau setara Rp473 jutaan. Artinya lebih murah Rp500 jutaan dibandingkan versi penumpang, atau Alphard sebagai pesaingnya.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Chief Operating Officer PT HMDI, Makmur mengatakan, sejak meluncur di Tanah Air, Staria menyasar segmen penumpang. Sehingga target pasarnya berbeda dengan negara lain yang membutuhkannya sebagai pengangkut barang.

“Dari awal launching Staria ini fokus untuk penumpang, bukan komersial. Jadi fitur-fiturnya sangat penuh dengan ADAS (Advance Driver Assistant System),” ujarnya belum lama ini, dikutip VIVA Otomotif Selasa 12 Oktober 2021.

Hyundai Staria Load dihadirkan untuk segmen komersial, meski secara dimensi serupa dengan varian penumpang namun desain eksteriornya berbeda. Terutama bagian jendela samping yang ditutup bahan bodi layaknya blind van.

Pintu model gesernya tetap dipertahankan, selain itu perbedaan mencolok lainnya pada bagian pelek menggunakan bahan kaleng seperti roda cadangan. Agar tidak meninggalkan ciri khas Staria, desain wajahnya tetap dipertahankan.

Namun tidak ada lampu LED yang membentang panjang di atas emblem H miring pada bagian depan, lampu utamanya pun diganti menjadi bolham halogen berwarna kuning. Staria Load ditawarkan dua warna, yakni putih, dan abu-abu.

Hyundai Staria Load masih dipersenjatai mesin diesel 2.200cc turbo yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 174 daya kuda, dan torsi 430 Newton meter. Disalurkan melalui transmisi matik 8-percepatan ke roda depan.

Sesuai fungsinya Staria Load hanya memiliki 5 tempat duduk dengan kapasitas bagasi 2.890 liter, jika dibuat menjadi dua tempat duduk, ruang kosongnya mencapai 4.935 liter.

Untuk mempermudah memasukkan barang dari bagian belakang, pintunya dibuat model twin swing dan liftback.  Mobil tersebut bisa mengangkut muatan hingga 1.090 kilogram, dan daya tariknya 2.500 kg. 

Meski dilahirkan sebagai mobil komersial, namun pabrikan asal Korea Selatan itu tetap menyematkan sejumlah fitur canggih untuk menunjang kenyamanan, dan keamanan penggunanya.

Sistem hiburan didukung head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang dapat terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay, dan Android Auto. Layar tersebut juga terintegrasi dengan kamera 360 derajat atau Surround View Monitor (SVM).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya