Suzuki Ertiga Baru Siap Hadir Demi Jegal Avanza-Xenia dan Xpander

Suzuki All New Ertiga
Sumber :
  • Dok: SIM

VIVA – Multi Purpose Vehicle atau MPV kelas bawah masih menjadi jenis mobil paling laris di Tanah Air. Hampir semua produsen memiliki produk sejenis dengan menawarkan desain berbeda, namun fitur dan harga saling bersaing.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Tercatat ada enam produk yang bermain di kolam yang sama. Diawali dari kemunculan Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia pada 2004, kemudian diikuti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero S.

Semua mobil tersebut memiliki konfigurasi tujuh penumpang, dengan mesin bensin 1.500cc. Hanya Avanza-Xenia yang menawarkan mesin 1.300cc.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Desain digital All New Toyota Avanza

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Sebagai pemain lama, Low MPV buatan Daihatsu dan Toyota sudah mendapatkan pembaharuan total sejak 2011. Namun tergolong sudah cukup lama, karena hampir 10 tahun mereka mempertahankan produk tersebut.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Mengingat sudah berumur, maka kemunculan Avanza-Xenia terbaru cukup menarik perhatian. Hal itu terungkap melalui NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2021.

Toyota diam-diam mendaftarkan sembilan model baru yang diduga All New Avanza dengan kode W100RE, dan W101RE. Dibekali transmisi matik CVT (Continuously Variable Transmission), dan fitur TSS (Toyota Safety Sense).

Diurutkan dari harga dasar termurah mulai dari Rp157 juta untuk tipe 1.3 E manual, sampai Rp277 juta tipe 1.5 Q CVT TSS.

Sedangkan Daihatsu Xenia baru ada 8 varian dengan kode W100RG. Harga dasarnya mulai dari Rp135 juta tipe 1.3 M manual, sampai Rp172 juta tipe 1.5 R CVT ASA atau transmisi matik dengan teknologi (Advanced Safety Assist).

Diduga kehadiran kedua Low MPV terbaru itu akan memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS yang akan berlangsung pada 11-21 November 2021 di ICE BSD, Tangerang.

“Tunggu, dan lihat saja tanggal mainnya di acara GIIAS 2021,” ujar Division Head Marketing and Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Bukan cuma itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kabarnya juga menyiapkan kejutan saat pameran tersebut. Sebelumnya, foto-foto Xpander baru atau facelift ramai menjadi perbincangan di media sosial Instagram.

Bocoran Mitsubishi Xpander facelift.

Photo :
  • Tangkapan layar

Perubahan terbesar ada di bagian depan, sekilas wajah Xpander baru mirip dengan Outlander edisi 2023 di global, terutama bentuk bumper depan, serta rumah lampu utamnya di bumper bawah, serta bumper yang sedikit lebih panjang.

Enggak mau ketinggalan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga ikut mempersiapkan Suzuki Ertiga baru. Namun saat dikonfirmasi Direktur Pemasaran roda empat PT SIS, Donny Saputra masih enggan membocorkan soal perubahannya.

Menurutnya setiap produk baik di segmen apapun memang memerlukan penyegaran. “Kompetisi yang sengit memang butuh produk inpulse sesering mungkin,” ujar Donny kepada Viva Otomotif, Jumat 15 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya