Siap Meluncur, Ini Wujud Mobil yang Lebih Canggih dari Fortuner

Isuzu MU-X baru edisi 2021 siap hadir di Indonesia
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle baru dengan teknologi yang lebih canggih dari Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Mobil yang dimaksud adalah Isuzu MU-X terbaru.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan meluncurkan All New Isuzu MU-X tahun ini dengan segudang fitur. Sebelum dijual ke pasar, SUV yang dibawa utuh dari Thailand itu beberapa kali kepergok kamera sedang uji coba.

Penampakan yang terbaru, mobil gagah pesaing Fortuner itu sedang parkir di salah satu rest area seperti yang terlihat dari unggahan foto Instagram @indra_fathan.  

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Sebelumnya General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril mengatakan, MU-X terbaru secara spesifikasi akan serupa dengan versi Thailand. Sehingga teknologinya lebih canggih, dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilansir Viva Otomotif dari situs resmi Isuzu Thailand, Jumat 15 Oktober 2021, MU-X terbaru didukung sistem bantuan pengemudi alias ADAS (Advance Driver Asistant System), yang membuatnya bisa berjalan sendiri layiknya semi otonom.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Artinya MU-X menjadi SUV diesel paling canggih dibandingkan dikelasnya. “Kita masih prepare, mempertimbangkan harga. Karena saudara tua yang jadi kompetitor dapat benefit PPnBM. Perlu menghitung ulang harga dan sebagainya,” ujar Attias.

MU-X terbaru akan diposisikan sebagai SUV kelas atas, berbeda dari generasi sebelumnya. “Masuk ke market high end, yang lebih besar jadi produknya harus lebih baik. Kita mau usahakan tahun ini,” tuturnya.

Di dalam teknologi ADAS terdapat ACC (Adaptive Cruise Control) untuk menambah, dan mengurangi kecepatan mobil, hingga melakukan pengereman otomatis. Sehingga bisa berjalan, atau berhenti sendiri mengikuti kendaraan di depannya.

Pengemudi bisa melepas pedal gas, atau rem meski tetap dibutuhkan pengawasan. Selain itu terdapat FCW (Front Collision Warning System) yang dapat memperingatkan pengemudi saat berpotensi terjadi tabrakan dari bagian depan.

Dibantu AEB (Automatic Emergency Braking System), sehingga saat pengemudi panik karena adanya potensi tabrakan, fitur itu membantu mobil untuk melakukan pengereman darurat otomatis.

Selain itu, BSM (Blind Spot Alert System), sebagai peringatan pengemudi pada titik yang tidak bisa terlihat. Dan RTCA (Rear Traffic Control Alert) yang dapat memberitahu kendaraan lain mendekat saat mobil mundur ke luar area parkir.

Kemudian LDW (Lane Departure Warning), agar mobil tidak keluar jalur saat lampu sein tidak menyala sehingga ada peringatan khusus. Sistem keamanan lainnya di MU-X terbaru, adanya 6 airbag pada bagian depan, dan samping.

Dipersenjatai mesin diesel 1.900cc turbo bertenaga 150 PS di 3.600 rpm, dan torsi 350 Nm di 1.800-2.600 rpm. Tersedia juga diesel 3.000cc dengan tenaga 177 PS, berpenggerak 4x4, dan 4x2 dengan transmisi matik, dan manual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya