Ditangkap KPK, Koleksi Mobil Anak Alex Noerdin Mengejutkan

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin
Sumber :
  • Pemkab Muba

VIVA – Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin diamankan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) saat operasi tangkap tangan, alias OTT di wilayah kepemimpinannya, Jumat malam, 15 Oktober 2021.

Mengejutkan Harta Berjalan Jenderal Asep Adang Pemilik Pelat TNI Fortuner yang Arogan

“Sejauh ini ada sekitar 6 orang diantaranya Bupati Kab.Muba dan beberapa ASN di lingkungan Pemkab Muba,” ujar Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu 16 Oktober 2021.

Belum ada informasi terkait kerugian negara atas dugaaan korupsi proyek infrastruktur yang menyeret anak mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Namun hal lain yang menarik perhatian adalah soal kekayaannya.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Diler resmi mobil Porsche di Jakarta

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Dodi Reza Alex mengantongi pundi-pundi hingga Rp40,364 miliar pada 31 Maret 2021, dengan hutang Rp1,9 miliar. Artinya secara bersih Rp38,464 miliar.

Jadi Tersangka, Eks Kepala Rutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan

Dari angka tersebut aset terbesarnya adalah tanah dan bangunan senilai Rp31,500 miliar yang tersebar di Bandung, Jakarta Selatan, Palembang, hingga negara Australia. Kemudian nilai kas dan setara kas miliknya Rp5,964 milia.

Surat berharga Rp2 miliar, dan harta bergerak lainnya yang tidak disebutkan senilai Rp600 juta. Dengan begitu dia hanya menyisihkan sedikit untuk kendaraan pribadi. Bahkan jika melihat isi garasinya cukup mengejutkan.

SBupati Muba itu hanya memiliki satu unit sport car, yakni Porsche lansiran 2012 seharga Rp300 juta. Tidak dijelaskan jenisnya, namun banderol yang tercantum di LHKPN terlalu murah untuk mobil mewah buatan Jerman tersebut.

Melansir berbagai platform jual beli online, mobil Porsche termurah dengan tahun produksi tersebut masih di angka Rp700-800 jutaan seperti halnya Panamera bermesin 3.600cc. Bahkan untuk Boxster harganya masih Rp1 miliaran.

Mengutip beberapa sumber, mobil-mobil Porsche yang masuk ke Indonesia dijual melalui importir umum, dan Eurokars sebagai distributor resminya. Model yang berkeliaran di dalam negeri pada tahun tersebut tidak terlalu banyak.

Berbeda dengan sekarang, dari kelas sport car jenis coupe atau convertible, ada Panamera, Boxter, atau Carrera, Cayman dengan tipe berbeda-beda. Sedangkan untuk jenis sport utility vehicle ada dua pilhan, yaitu Cayenne, dan Macan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya