Cocok Buat Orang Kaya, Mobil SUV Seharga Rp2 M Siap Hadir di RI

Lexus LX 600
Sumber :
  • tflcar

VIVA – Lexus LX 600 sebagai generasi penerus dari LX 570 baru akan dipasarkan di Amerika Serikat pada kuartal kedua 2022. Meski begitu, mobil SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut juga siap dijual di Indonesia melalui produsen resminya.

Toyota Indonesia Umumkan Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600

Lexus Indonesia sebagai pemegang merek yang berada di bawah naungan PT Toyota Astra Motor diam-diam sudah mendaftarkan harga dasar Lexus LX 600 melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2021. 

Ada tiga varian Lexus LX 600 dengan kode belakang GKULZQ. Tipe terendah atau 4x4 matik memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp1,896 miliar, jika termasuk dasar pengenaan pajak atau DP PKB menjadi Rp1,900 miliar.

Mobil SUV Ini Baru Dijual Laku Ribuan Unit, Inden 1,5 Tahun

Kemudian Lexus LX 600 F-Sport 4x4 matik harga dasarnya Rp1,910 miliar dengan DP PKB Rp2,005 miliar, dan kasta tertingginya adalah VIP 4x4 matik yang memiliki nilai Rp1,941 miliar, daengan dasar pengenaan pajak menjadi Rp2,038 miliar.

Harga tersebut akan menjadi jauh lebih mahal saat Lexus LX 600 resmi dipasarkan dengan status on the road. Karena belum termasuk PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), BBN (Bea Balik Nama), pajak impor, keuntungan perusahaan, dan lain-lain.

Mobil SUV Rp1 Miliaran Ini Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Dengan begitu, mobil tersebut cocok untuk orang kaya berkantong tebal. Terutama mereka yang menyukai kendaraan dengan tampilan gagah, dan tangguh untuk menembus berbagai medan jalan hingga off road sekalipun.

Menurut website Lexus global seperti dilansir Viva Otomotif, Sabtu 16 Oktober 2021, SUV premium itu mendapatkan sejumlah perubahan dari eksterior, interior, hingga rancang bangunnya yang mengadopsi TNGA-F atau Toyota New Global Arhitecture.  

Artinya secara platform serupa dengan Toyota Land Cruiser 300 terbaru, dan All New Tundra. Namun secara penampilan, Lexus LX 600 dibuat lebih elegan, dan menekankan kesan mewah dibandingkan saudara kandungnya. 

Demi mendukung ketangguhan di berbagai medan jalan, suspensi direvisi dengan menanamkan sistem udara sehingga bisa diatur tinggi dan rendahnya dalam tiga level. Dan sistem multi terrain select dengan mode berkendara berbeda-beda.

Lexus LX 600 dipersenjatai mesin bensin enam silinder atau V6 berkode V35A-FTS dengan dua turbo berkapasitas 3.500cc. Sistem pengabutan injeksi D-4ST yang dapat menyemburkan tenaga 415 PS, dan torsi 605 Nm. 

Meski masih mengandalkan mesin dengan kapasitas besar, namun Lexus mengklaim efisiensi bahan bakarnya lebih baik. Mengingat secara bobot LX 600 lebih ringan 200 kilogram dari LX 570, dan didukung teknologi lain di dalam mesinnya.

“Kami menyempurnakan kinerja off-road tradisional LX melalui 'breaking and fixing' berulang di jalan yang keras, dan tim pengembangan dan drive-meister kami bekerja sama untuk memperbaiki kinerja on-road melalui pendekatan tanpa kompromi," ujar Kepala Insinyur Lexus Internasional Takami Yokooo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya