Guyuran Insentif Pemerintah Demi Dukung Kendaraan Listrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung perkembangan kendaraan listrik. Maka itu, beragam insentif pun akan dikucurkan.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Indonesia menargetkan produksi kendaraan listrik atau battery electric vehicle (BEV) pada 2030. Untuk mobil listrik sebanyak 600 ribu unit. Sedangkan untuk roda dua atau motor sebanyak 2,45 juta unit.

Stasiun pengecasan mobil listrik.

Photo :
  • autoexpress
Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Dengan banyak produksi kendaraan listrik ini diharapkan bisa menurukan emisi C02 di Tanah Air. "Produksi kendaraan listrik diharapkan mampu menurunkan emisi C02 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih, dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua," kata Menperin.

Tak cuma itu, Agus pun mengungkapkan demi meningkatkan industrialisasi BEV, pemerintah akan memberikan berbagai insentif fiskal dan nonfiskal bagi konsumennya. Seperti, pengenaan PPmBm sebesar 100 persen.

Pastikan Pelayanan Arus Balik, PLN Bersama Itjen Kementerian ESDM Cek Kesiapan SPKLU Wilayah Banten

Lalu pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar 0 persen untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Pemprov DKI Jakarta. Terus ada BBNKB sebesar 10 persen untuk mobil listrik dan 2,5 persen untuk motor listrik di Jawa Barat.

Motor listrik Gesits

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Uang muka minimum sebesar 0 persen dan suku bunga renda untuk kendaraan listrik. Agus menyatakan perusahaan industri BEV dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti Tax Holiday atau Mini Tax Holiday.

Lalu, Tax Allowance, Pembebasan Bea Masuk, Bea Masuk ditanggung oleh pemerintah dan Super Tax Deduction untuk kegiatan riset dan pengembangan. Pemerintah juga nantinya bakal menetapkan tentang peta jalan atau roadmap pembelian EV di instansi pemerintahan.

"Dalam roadmap tersebut diperkirakan pembelian kendaraan listrik akan capai 132.983 unit untuk roda empat dan 398.530 unit untuk roda dua di 2030," papar Menperin dalam webinar, beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya