Jadi Sorotan Warganet, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Menpora

Menpora RI, Zainudin Amali
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainudin Amali sedang menjadi sorotan, hingga cibiran warganet lantaran bendera merah putih tidak berkibar saat proses pengalungan medali juara Thomas Cup 2020.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

“Saya minta maaf karena kita semua jadi tidak enak, seharusnya kita menikmati kembali juara Piala Thomas. Kenikmatan itu bekurang karena merah putih tidak bisa dikibarkan,” ujarnya secara virtual, Senin 18 Oktober 2021.

Bocoran Alphard terbaru.

Photo :
  • Paultan
Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

Diketahui, bendera kebanggaan Indonesia itu tidak dapat dikibarkan karena Lembaga Anti Doping Indonesia atau LADI tidak memenuhi program sampel doping selama 2020-2021, serupa dengan Korea Utara, dan Thailand.

Atas sanksi tersebut, Menpora menjadi bahan perbincangan. Tak terkecuali dengan harta kekayaan, dan koleksi kendaraan yang dimilikinya. Diketahui, menteri asal Gorontalo itu menggantikan Imam Nahrawi karena kasus korupsi.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN, Zainudin Amali mengantongi pundi-pundi hingga Rp19,098 miliar di tahun ini. Surat-surat berharga menjadi penyumbang tebesar dengan nilai Rp7,062 miliar.

Kemudian tanah dan bangunan Rp6,138 milar, kas dan setara kas Rp4,447 miliar. Sisanya untuk kendaraan pribadi, namun saat cukup bikin kaget. Karena di dalam garasi hanya terparkir dua unit mobil secara total nilainya Rp900 juta.

Yang termahal adalah Toyota Alphard lansiran 2013 seharga Rp630 juta. MPV atau Multi Purpose Vehicle kelas premium itu tidak dijelasksan detil terkait tipenya. Namun untuk tahun tersebut mobil itu mendapatkan perubahan total.

Menurut beberapa sumber, MPV kelas premium itu pertama kali mendarat di Indonesia melalui importir umum pada 2002. PT Toyota Astra Motor sebagai produsen resmi menjual Alphard pada 2008 atau saat generasi keduanya

Awalnya mobil keluarga tersebut hanya ditawarkan satu mesin, berkode 2GR-FE dengan kapasitas 3.500cc. Demi menjangkau pasar yang lebih luas, Toyota menghadirkan dua varian baru pada 2009 dengan mesin 2.400cc.

Hingga 2013 dapur pacunya berubah menjadi 2.500cc seperti yang dimiliki Menpora. Hingga kini duet Alphard dan Vellfire masih menjadi penguasa pasar di kelas MPV premium terutama di Indonesia.

Mulai dari selebritis, pengusaha, hingga para pejabat negara menggunakan mobil pintu geser tersebut untuk mobilitasnya. Untuk model barunya, MPV tersebut sudah didukung fitur-fitur yang lebih canggih berkar Toyota Safety Sense.

Masih berdasarkan data LHKPN, koleksi kendaraan kedua Menpora Zainudin Amali adalah Nissan X-Trail 2015 seharga Rp270 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya