Xpander Mengubah Wajah Otomotif Indonesia

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Selama lebih dari 10 tahun, pasar otomotif Indonesia diisi oleh mobil jenis low multi purpose vehicle atau MPV dengan desain yang tidak jauh berbeda.

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Namun, pada 2017 muncul satu kendaraan MPV dengan tampilan yang sangat berbeda. Meski dirancang sebagai mobil keluarga, namun bentuk eksteriornya seolah keluar dari pakem yang sudah ada selama ini.

Mobil yang dimaksud adalah Mitsubishi Xpander, kendaraan dengan penampilan gagah layaknya sport utility vehicle atau SUV namun memiliki kemampuan ala MPV.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Satu hal yang menarik perhatian orang saat model ini resmi diperkenalkan, adalah desain lampu depan berteknologi LED yang disematkan di bumper. Teknik ini menjadikan wujudnya jadi berbeda, dan menginspirasi merek lain untuk melakukan hal serupa.

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Photo :
  • Dok: MMKSI
Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Selain di dalam negeri, Xpander juga mendapat respons yang sangat positif di beberapa negara lainnya. Meski demikian, Indonesia akan selalu menjadi acuan dari pengembangan model tersebut.

“Walau diekspor ke 30 negara, pengembangan produk ke depannya tetap diprioritaskan di Indonesia,” ujar Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Tetsuhiro Tsuchida belum lama ini, dikutip VIVA Otomotif Selasa 19 Oktober 2021.

Pada Agustus kemarin, Xpander resmi berusia empat tahun. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, angka penjualannya hingga Juli 2021 sudah mendekati 200 ribu unit.

Daya Tarik Xpander

Selain penampilannya yang berbeda, Xpander juga memiliki banyak fitur yang diunggulkan. Contohnya yakni sistem suspensi yang diadopsi dari sedan Lancer, sehingga bisa tetap stabil dan nyaman.

Mobil berkapasitas tujuh orang ini juga dilengkapi dengan banyak kompartemen, sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia yang gemar menyimpan barang-barang di dalam kabin.

Pengemudi bakal dimanjakan dengan pengaturan setir, yang tidak hanya bisa naik turun namun juga maju dan mundur. Pada beberapa tipe, tersedia tombol pengatur sistem hiburan yang bisa diakses melalui kemudi. Audionya juga dapat terhubung ke ponsel.

Peranti keselamatan lainnya yang ada pada mobil ini mulai dari anti-lock braking system atau ABS, hill start assist atau HSA untuk membantu saat tanjakan, emergency stop signal atau ESS, active stability control atau ASC serta traction control, hingga kantung udara alias airbag.

Memarkir Xpander bakal dimudahkan berkat adanya sensor serta kamera di beberapa varian, yang juga dibekali dengan sistem keyless operation alias menghidupkan mesin serta membuka pintu tanpa kunci.

Mereka yang berencana membeli Xpander hingga akhir tahun ini juga bakal untung, karena mobil tersebut masuk dalam daftar yang mendapat relaksasi berupa penghapusan pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya