Ditangkap KPK, Pejabat Ini Punya Koleksi Mobil yang Mengejutkan

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra
Sumber :
  • Kominfo Kuansing

VIVA – KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) lagi-lagi menangkap pejabat daerah. Kali ini giliran Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra diamankan melalui operasi tangkap tangan atau OTT di Riau, Senin 18 Oktober 2021 malam.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Bupati Kuansing yang terpilih dalam Pilkada 2020 itu ditangkap bersama tujuh orang lainnya atas dugaaan suap perizinan perkebunan. Di luar dari kasus tersebut, yang menarik perhatian adalah harta kekayaan, dan koleksi mobilnya.

Mitsubishi Pajero Sport saat mengikuti Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018

Photo :
  • VIVA/Toto Pribadi
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Andi Putra terakhir melaporkan pundi-pundinya pada 31 Maret 2021 saat menjabat sebagai anggota DPRD dengan total kekayaan Rp4,010 miliar.

Aset terbesarnya adalah tanah dan bangunan senilai Rp3,150 miliar, dan sebagian disumbang dari koleksi kendaraan pribadinya. Di dalam garasinya mengejutkan, karena hanya ada dua unit mobil, dan satu motor Yamaha tanpa identitas.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Sementara kendaraan roda empatnya yang pertama Honda berjenis jip lansiran 2012 seharga Rp320 juta. Tidak dijelaskan secara detil nama model, atau tipe dari mobil yang masuk kategoi SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut.

Berkaca dari banderolnya, diduga mobil tersebut adalah Honda CR-V. Jika diproduksi pada tahun tersebut, SUV dengan konfigurasi lima penumpang itu masih dibekali dua pilhan mesin bensin kapasitas 2.400cc dan 2.000cc.

Yang kedua sekaligus jadi kendaraan termahalnya adalah Mitsubishi Pajero Sport buaan 2019. SUV berlogo tiga berlian itu ditaksir Rp500 juta, namun lagi-lagi tipe dari mobil peminum solar tersebut tidak dijelaskan.

Melihat dari tahun pembuatannya, Pajero Sport milik Andi Putra itu adalah model lawas yang mendapatkan perubahan total sejak 2016. Untuk saat ini Mitsubishi sudah menghadirkan versi baru atau faceliftnya.

Mobil gagah itu dibekali dua pilihan mesin diesel, yakni 2.442cc bertenaga 181 PS di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. Dan 2.477cc tenaganya 136 PS di 4.000 rpm, dan torsi 324 Nm di 2.000 rpm, lebih kecil karena berbeda teknologi.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi matik 8 percepatan ke roda belakang. Suspensinya demi mendukung identitasnya sebagai SUV, maka pada bagian depan double wishbone tipe coil spring, dan belakang 3 link tipe rigid axle.

Mobil yang kerap digunakan di medan off road tersebut memiliki dimensi panjang 4.785 mili meter, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.805 mm. Ground clearancenya cukup tinggi, yakni 218 mm, dan jarak poros rodanya 2.800 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya