Mobil Ini Dapat Garansi Seumur Hidup

Logo Volvo
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Setiap mobil yang dijual ke konsumen selalu dilindungi oleh garansi dari produsen. Tujuannya yakni memberi rasa tenang pada konsumen, jika ada komponen yang mengalami kerusakan akibat kesalahan pabrik.

Mobil Listrik Neta V akan Pakai Baterai LFP Buatan Lokal

Lama waktu garansi berbeda-beda, sesuai dengan merek dan jenis kendaraan. Ada yang hanya diberikan tiga tahun untuk bagian mesin, namun ada juga yang berani menjamin hingga tujuh tahun.

Hal yang sama juga berlaku untuk setiap pembelian suku cadang asli, tapi biasanya waktu garansi komponen pengganti ini lebih pendek yakni hanya satu tahun saja.

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini

Garansi juga hanya diberikan, apabila penggantian komponen dilakukan di bengkel resmi. Hal itu untuk menjamin kualitas pengerjaan perbaikan sesuai dengan standar masing-masing pabrikan.

Namun baru-baru ini salah satu produsen mobil asal Eropa, yakni Volvo memberi garansi seumur hidup untuk suku cadang alias onderdil orisinal yang dibeli oleh konsumen dan dipasang di bengkel resmi mereka.

Daftar Mobil Hybrid Paling Laku di Indonesia Februari 2024

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Kamis 21 Oktober 2021, program garansi seumur hidup ini berlaku hanya di satu negara saja, yakni India.

Volvo V60.

Photo :
  • Dok: Volvo

Jaminan perlindungan dari kerusakan diberikan, untuk suku cadang yang dibeli mulai 1 Oktober lalu dan masa berlakunya dihitung dari saat komponen tersebut dipasang di mobil.

Meski bisa diganti secara gratis kapan pun komponen itu mengalami kerusakan, namun garansi bakal gugur jika mobil dijual oleh sang pemilik.

Onderdil yang diberikan garansi seumur hidup juga hanya tertentu saja, yakni yang tidak habis dipakai seperti kampas rem dan ban, atau aki serta aksesori yang bisa rusak akibat pemakaian pengguna.

Sebagai informasi, Volvo merupakan pabrikan otomotif asal Swedia yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Geely. Merek ini pernah dikenal sebagai pembuat kendaraan paling aman di dunia, dan kerap dijuluki Tank Swedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya