Bocoran Mobil Baru Hyundai Untuk Jegal Toyota Raize di RI

Mobil Hyundai Creta
Sumber :
  • motorbeam

VIVA – Persaingan mobil SUV atau Sport Utility Vehicle kompak 1.000cc turbo semakin sengit. Sebelumnya, segmen tersebut hanya diisi Nissan Magnite, kemudian Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur di akhir April 2021.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Bukan hanya produsen mobil asal Jepang saja yang mengisi ceruk pasar tersebut. Namun brand asal Eropa, seperti halnya Renault juga tertarik bermain di kolam yang sama dengan produk terbarunya, yakni Renault Kiger.

Bahkan PT Hyundai Motor Indonesia (HMDI) sedang mempersiapkan produk sejenis yang diberi nama Hyundai Creta. Sebelum resmi diluncurkan, pemegang merek mobil asal Korea Selatan itu memberikan bocorannya melalui sketsa.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Sketsa Hyundai Creta di RI

Photo :
  • Hyundai Motor Indonesia

Gambar kasar Hyundai Creta di atas kertas tampaknya agak berbeda dari versi India yang sudah dijual sejak 2020. Terutama lampu utama yang terbagi menjadi tiga, bumper tidak terlalu banyak garis tajam, rumah lampu kabut cukup besar.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Agar menambah kesan gagah, terdapat diffuser pada bawah bumper, kemudian bodi samping lebih gemuk berkat over fender, dengan tarikan garis mengalir dari depan ke belakang. Bentuk keempat rodanya juga sangat besar.

Bagian atap, atau pilarnya dibuat mengambang namun untuk bagian penumpang baaris kedua agak landai sampai ke belakang. Seakan-akan mirip coupe, dengan memadukan warna berbeda antara atap, pilar, dan bodi utamanya.

Buritannya juga lebih seksi dari Creta di negeri Bollywood, lampu pengereman sekilas mirip Renault Koleos, desain bagasi, dan bumper cukup elegan dan simpel. Tidak ketinggalan diberikan tambahan spoiler di kaca belakang atas.

Untuk interior berdasarkan sketsa mengaskan kesan premium, karakter yang kuat. Jenama berlogo H miring itu mengklaim bahwa Creta untuk pasar Indonesia dilengkapi dengan teknologi canggih, dan terdepan di kelasnya.

Pada sisi depan, susunan dashboard horizontal memanjang ke arah pintu yang membentuk lekukan sayap, membuat ruang depan terlihat lebih berani, dinamis, dan memberikan perlindungan ekstra bagi penumpang.

Kemudian, pada bagian fascia terdapat layar AVT berukuran delapan inci, terintegrasi dengan konsol di tengahnya.

Sketsa Hyundai Creta di RI

Photo :
  • Hyundai Motor Indonesia

“Hyundai CRETA merupakan produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi serta didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup modern masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT HMDI, SungJong Ha, dikutip dari keterangan resminya, Kamis 21 Oktober 2021.

Menurutnya Hyundai memiliki pendekatan khusus kepada pelanggan yang merupakan sumber inspirasi dari sebuah produk. Maka konsep dari mobil terbarunya merupakan masukkan dari semua kebutuhan dan keinginan konsumen di RI.

“Untuk itu, kami berharap Hyundai Creta yang akan kami luncurkan di masa mendatang ini dapat menjadi kebanggan bagi Hyundai, khususnya pelanggan tercinta kami di Tanah Air,” tuturnya.

Di India, Hyundai Creta dibekali mesin bensin tanpa turbo 1.500cc, bensin 1.000cc turbo, dan diesel 1.500cc turbo. Harganya mulai 10 lakh sampai 17 lakh atau sekitar Rp192 jutaan sampai Rp327 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya