Pesaing Honda Brio Rp150 Jutaan Siap Dijual di Indonesia

Daihatsu Sirion
Sumber :
  • ADM

VIVA – Honda Brio menjadi mobil city car yang paling banyak diminati di Indonesia. Kendaraan ini hadir juga dalam varian low cost green car atau LCGC, yakni Brio Satya.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Kedua varian menggunakan mesin yang identik, yakni empat silinder berkapasitas 1.200cc dengan tenaga 89 daya kuda dan torsi 110 Newton meter.

Generasi kedua dari Honda Brio resmi diluncurkan di Indonesia pada 2016, dan langsung mendapat sambutan yang sangat meriah dari masyarakat. Pada tahun lalu, model ini jadi mobil terlaris di Tanah Air.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Salah satu pesaing dari Honda Brio adalah Daihatsu Sirion, model ini didatangkan oleh PT Astra Daihatsu Motor dari pabrik yang ada di Malaysia dan dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp201 jutaan on the road DKI Jakarta.

Mobil baru Daihatsu Sirion yang diluncurkan via sistem streaming.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman Kementerian Dalam Negeri, diketahui bahwa ADM sudah mendaftarkan Sirion generasi terbaru. Model ini telah mendapatkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor.

Adanya NJKB mengisyaratkan bahwa model tersebut telah melalui proses homologasi atau uji tipe di Kementerian Perhubungan, dan siap untuk dipasarkan.

Pada daftar Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, tercantum kode M804RS yang biasa digunakan oleh Daihatsu Sirion.

Meski masih menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.300cc yang menghasilkan tenaga 94 daya kuda dan torsi 120 Newton meter, namun tenaga pada Sirion baru disalurkan melalui transmisi berbeda.

Jika sebelumnya Daihatsu memakai transmisi otomatis biasa, maka di model baru akan menggunakan teknologi continuously variabel transmission atau CVT.

Sebelumnya transmisi canggih itu sudah digunakan oleh Daihatsu Rocky, dan dikabarkan juga bakal disematkan pada All New Toyota Avanza.

Bocoran Harga Daihatsu Sirion Baru
Meski sampai saat ini pihak ADM belum memberikan informasi apa-apa soal kehadiran Sirion baru, namun informasi dari Permendagri memperlihatkan bahwa model tersebut bakal tersedia dalam dua tipe, yaitu X dan R.

NJKB yang tertera untuk Daihatsu Sirion baru adalah sebesar Rp156 juta untuk tipe 1.3X, dan Rp163 juta untuk tipe 1.3R. Ada selisih Rp1 juta dari Sirion versi lama yang memakai transmisi matik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya